Info Kuliner 

Puding Karamel Cantik


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Puding Karamel Cantik Femina
Ingin membuat puding karamel yang tidak lengket di cetakan? Mudah, kok. Sebelum adonan dituang, basahi terlebih dahulu cetakan dengan air. Cara lainnya, bisa juga dengan merendam bagian bawah wadah berisi puding karamel dalam air mendidih. Jika sudah terasa hangat, kikis pinggiran puding karamel dengan bantuan pisau. Puding karamel akan meluncur mulus keluar cetakan tanpa meninggalkan jejak.
       
Pemasak sering mengeluh tentang karamel yang tidak menempel sempurna pada puding. Alasan utamanya: teknik pembuatan karamel serta perbandingan air dan gula pasir bisa jadi tidak tepat. Atur komposisi air dan gula dengan takaran seimbang (misal, 50 ml air untuk 50 g gula pasir).

Resep Puding Karamel

Untuk 6 porsi
Kalori per porsi: 203 Kkal


Bahan:
  • 500 ml susu cair
  • 125 g gula pasir
  • 1 sdt gelatin bubuk, larutkan dalam 150 ml air
  • 1 sdt agar-agar bubuk warna putih
  • 2 kuning telur ayam
  • 1 sdm ekstrak vanili
Karamel:
  • 75 ml air
  • 75 g gula pasir
Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah tahan panas/ramekin (@ volume 200 ml). Bilas, sisihkan,
  2. Karamel: Panaskan air, masukkan gula pasir, aduk di atas api kecil sekali hingga menjadi karamel (cara basah). Angkat, tuang segera ke tiap wadah. Sisihkan.
  3. Rebus susu bersama gula di atas api kecil hingga larut. Masukkan larutan gelatin dan agar-agar, aduk cepat hingga mengental. Kecilkan api, sisihkan.
  4. Masukkan sedikit (1 sendok sayur) adonan susu ke dalam kuning telur, aduk cepat hingga rata. Masukkan kembali ke dalam adonan susu, aduk rata. Angkat.
  5. Tuang adonan ke tiap cetakan, biarkan hingga uapnya hilang. Simpan di dalam lemari es hingga padat. Makin lama disimpan, karamel akan  makin melekat danmenyatu dengan indah di permukaan puding.




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Saatnya Bersih-bersih! Femina
TOPIK Hari Ini
Saatnya Bersih-bersih!
Yuk, ikuti sayembara 'bersih-bersih' berhadiah ini!
KOMENTAR
20 Sep 2014 - herafina saragihmobile
Manfaat dari menjual barang bekas adalah : 1. Mendapatkan uang dari barang bekas yang kita jual.2. Orang yang membeli barang bekas tersebut mendapat manfaat    dari barang bekas tersebut, harganya lebih murah dan bisa dijual kembali at ...
19 Sep 2014 - yannie
Manfaat menjual barang bekas tidak terpakai :1. Its all about the money : daripada barang tergeletak tak terpakai, lebih baik "diubah" menjadi uang.2. The world is round : barang ini mungkin lebih berguna dipakai orang lain. Kita jual ke orang lain ...
19 Sep 2014 - Zulimarlina
Pertama kali saya ikut Garage Sale yang diselenggarakan EO rumahan di daerah cilandak. Yang saya jual tentunya baju, asesoris dan printilan-printilan yang sudah tidak saya pakai tapi masih dalam kondisi baik. Awal niat memang hanya untuk bersih-bersi ...



Majalah Edisi 37 (20 - 26 September 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 17 September 2014






  VIDEO