Info Kuliner 

Puding Karamel Cantik


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Puding Karamel Cantik Femina
Ingin membuat puding karamel yang tidak lengket di cetakan? Mudah, kok. Sebelum adonan dituang, basahi terlebih dahulu cetakan dengan air. Cara lainnya, bisa juga dengan merendam bagian bawah wadah berisi puding karamel dalam air mendidih. Jika sudah terasa hangat, kikis pinggiran puding karamel dengan bantuan pisau. Puding karamel akan meluncur mulus keluar cetakan tanpa meninggalkan jejak.
       
Pemasak sering mengeluh tentang karamel yang tidak menempel sempurna pada puding. Alasan utamanya: teknik pembuatan karamel serta perbandingan air dan gula pasir bisa jadi tidak tepat. Atur komposisi air dan gula dengan takaran seimbang (misal, 50 ml air untuk 50 g gula pasir).

Resep Puding Karamel

Untuk 6 porsi
Kalori per porsi: 203 Kkal


Bahan:
  • 500 ml susu cair
  • 125 g gula pasir
  • 1 sdt gelatin bubuk, larutkan dalam 150 ml air
  • 1 sdt agar-agar bubuk warna putih
  • 2 kuning telur ayam
  • 1 sdm ekstrak vanili
Karamel:
  • 75 ml air
  • 75 g gula pasir
Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah tahan panas/ramekin (@ volume 200 ml). Bilas, sisihkan,
  2. Karamel: Panaskan air, masukkan gula pasir, aduk di atas api kecil sekali hingga menjadi karamel (cara basah). Angkat, tuang segera ke tiap wadah. Sisihkan.
  3. Rebus susu bersama gula di atas api kecil hingga larut. Masukkan larutan gelatin dan agar-agar, aduk cepat hingga mengental. Kecilkan api, sisihkan.
  4. Masukkan sedikit (1 sendok sayur) adonan susu ke dalam kuning telur, aduk cepat hingga rata. Masukkan kembali ke dalam adonan susu, aduk rata. Angkat.
  5. Tuang adonan ke tiap cetakan, biarkan hingga uapnya hilang. Simpan di dalam lemari es hingga padat. Makin lama disimpan, karamel akan  makin melekat danmenyatu dengan indah di permukaan puding.




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Jaminan Hari Tua Femina
TOPIK Hari Ini
Jaminan Hari Tua
Investasi atau asuransi yang Anda siapkan untuk pensiun?
KOMENTAR
29 Jul 2015 - diankh
Sebagai seorang Ibu dari dua anak, selain mempersiapkan investasi untuk mereka, saya juga mempersiapkan investasi untuk saya pribadi.Selain jamsostek, saya juga mempersiapkan tabungan investasi berupa tanah.Pikiran saya selalu jauh ke depan, karena h ...
29 Jul 2015 - puspa00
Dana pensiun memang perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari. Untuk itu saya mengikuti asuransi seperti jaminan hari tua dari Jamsostek dan juga mengambil produk investasi karena imbal hasilnya lebih menjanjikan daripada tabungan biasa. Produk investasi  ...
25 Jul 2015 - dianayamazaki
Karena umur saya masih muda, tidak masalah berinvestasi dengan tingkat risiko yang lebih tinggi. Saya memilih berinvestasi di dalam reksa dana saham dan saham. Dalam jangka panjang, investasi ini mendatangkan keuntungan (return) yang cukup tinggi. Se ...



Majalah Edisi 30 (1 - 7 Agustus 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 29 July 2015






  VIDEO