Info Kuliner 

Kursus Masak, Yuk!


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Kursus Masak, Yuk!  Femina
Lucy Baking Course
Buka situsnya, dan Anda akan menemukan jadwal kursus Lucy Baking Course yang sudah tersusun rapi untuk satu bulan ke depan. Tempat kursus ini masih menempati lokasinya di lantai atas Sowan Bakery (area Sunter) selama 15 tahun terakhir. Yang berbeda, banyaknya murid-murid muda di tengah dominasi wajah lama yang umumnya menggeluti bisnis kue.

Luciawati Moeliawan (Lucy) mengajar setiap hari, meneruskan legacy mengajar 3 generasi di keluarganya. “Saya belajar masak sejak berusia 3 tahun. Kue pengantin tiga tingkat sudah sanggup saya kerjakan saat berumur 12 tahun!” seru Lucy,  yang pernah ke Taiwan, Jepang, Filipina, dan Kanada untuk menambah ilmu masaknya.

Resep yang didemokan mengikuti demand pebisnis kue, yakni resep kue-kue yang sedang laku di pasaran. Karena sebagian besar kelas diisi oleh mereka yang sudah memiliki toko cake dan bakery, maka peserta pemula harus siap-siap berada di lautan acungan pertanyaan kelas berat. Interaktif, dan dijawab oleh Lucy secara rinci, sigap dan tanpa rahasia. Tak mengapa. Anda jadi cepat pintar, ‘kan?

Dibuka kelas privat yang hands-on di akhir bulan. Ada juga kelas jenis usaha membocorkan ilmu menghitung harga dan tip store-management.

Jl. Danau Sunter Utara, Blok R -34/ (021) 96013770/ www.lucybakingcourse.com. Harga mulai dari Rp225.000

Pantry Magic
Bisnis utamanya adalah toko retail alat masak modern, namun Pantry Magic berpamor pula sebagai tempat belajar masak favorit. Sebuah kompor La Cornue di area tengah menjadi pusat kegiatan. Sepuluh peserta berkumpul membentuk lingkaran, menyaksikan demo masak chef yang dipilih dengan pertimbangan hati-hati pemilik toko. Maklum, pemilik punya selera tinggi terhadap kuliner dan berusaha menjaga kredibilitas merek retail mancanegara itu.

Di Jakarta, Pantry Magic memelopori kelas molecular gastronomy di bawah bimbingan instruktur Indonesia yang telah berpengalaman mengajar di Amerika. Diadakan pula demo/ book-signing para penulis buku kuliner ternama, seperti Samia Ahad dan Patty Elliot

Walau mengibarkan gadget masak impor lewat penjualan produk-produk canggih, Pantry Magic tak lupa membumi dengan menjadi sarang pertukaran ilmu memasak lokal. Sebut saja Azanaya, komunitas penggiat kuliner Indonesia, yang setia digandeng. Untuk kelas ini, diboyong ibu-ibu yang benar-benar berasal dari rumpun daerah tersebut. Menarik! 

Highlight belajar di dalam toko adalah menyaksikan langsung alat masak yang dipilih chef. Banyak juga shortcut memasak lewat dibeberkannya alat multiguna baru. 
Setiap sesi berdurasi 2-3 jam ditutup dengan menikmati hasil masakan. Wanita-wanita modern yang haus ilmu memasak dan berjiwa hangat membuat setiap sesi ngumpul-ngumpulnya berlangsung istimewa.
Jl. Kemang Raya No.14B/ (021) 7182573 & Ruko Lotus Blok 6, Jl. Dewi Sri, Kuta (0361) 762647. Harga mulai dari Rp400.000

L’atelier Du Chocolat
Ingin hobi Anda bergerak ke tingkat advanced? Belajarlah menangani cokelat! Ini  memang tidak mudah, namun Anda bisa mematahkan anggapan ini jika bertatap muka langsung dengan Francis Mestre, pria Prancis yang terlahir di keluarga pebisnis cokelat. 

Tak banyak yang tahu bahwa selain menggawangi butik cokelat L’Atelier du Chocolat, aktivitas terkini chef yang sudah berdomisili selama 10 tahun di Jakarta ini adalah membuka kelas umum dan privat di area Jakarta Barat. 

Francis hanya menggunakan chocolate couverture, yakni cokelat Prancis dan Swiss berkandungan tinggi cocoa butter, bukan chocolate compound. “Murid harus dibiasakan dengan yang berkualitas,” tegasnya. 

Proporsi besar jatuh pada pengetahuan melelehkan, tempering (mengatur suhu), hingga cara mencetak cokelat yang benar. “Kuasai basis ini, murid pun dapat menciptakan puluhan jenis praline berkualitas,” kata Francis, yang membatasi kelas hanya untuk 8 murid per sesi.  (f)
Jl. Mawar Kav. DKI Blok 59, No.3/ (021) 58902211/ www.atelierchocolat.com.




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Maaf dan Lupakan Femina
TOPIK Hari Ini
Maaf dan Lupakan
Lebaran kali ini, ingin memaafkan siapa?
KOMENTAR
24 Jul 2014 - dharmasanti putrimobile
Sudah setahun saya tidak membalas sms maupun email dan telpon darinya. Tahun ini saya akan lebih berbesar hati dan siap mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin



Majalah Edisi 30 (26 Juli - 8 Agustus 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 23 July 2014






  VIDEO