Info Kuliner 

Khasiat Minyak dari Biji-Bijian


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Khasiat Minyak dari Biji-Bijian  Femina
Bukan hanya minyak zaitun yang berinovasi, minyak yang terbuat dari biji-bijian pun kini mudah ditemui di pasaran. Sama seperti minyak zaitun, minyak dari biji-bijian ini  ternyata juga teman yang baik bagi kesehatan tubuh. “Pada minyak biji-bijian terkandung banyak asam lemak tidak jenuh, seperti omega 3 dan omega 6. Minyak dengan asam lemak tidak jenuh ini mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mudah menggumpal dalam darah. Minyak biji-bijian juga mengandung vitamin E yang merupakan faktor penting untuk tetap awet muda,” jelas Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si., ahli pangan dari Fakultas Teknologi Pangan IPB, Bogor.

Minyak bekatul
Minyak bekatul dikenal juga dengan sebutan rice bran oil. Minyak ini terbuat dari ekstrak bekatul (kulit ari beras). Kaya akan vitamin E dan tidak gampang teroksidasi pada saat penggorengan karena memiliki titik asap yang tinggi, sekitar 254°C. Makin tinggi titik asap yang dapat dicapai oleh suatu jenis minyak, makin baik minyak tersebut digunakan untuk menggoreng.

Kegunaan:  Untuk menggoreng, menumis, dressing pada salad.

Minyak canola
Minyak yang diekstrak dari biji tanaman mustard. Komposisi asam lemaknya mirip dengan minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Memiliki titik asap 204° C. Mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh sebanyak 94%, sedangkan sisanya sekitar 6% adalah asam lemak jenuh yang tak baik untuk kesehatan tubuh.

Kegunaan:
Untuk menggoreng, salad dressing, menumis.

Minyak kedelai
Terbuat dari biji kacang kedelai. Minyak kedelai ini kaya akan kandungan asam lemak tidak jenuh ganda (asam linoleat  (omega 3) dan asam linolenat (omega 6)) yang lebih tinggi dibandingkan  minyak nabati lainnya. Makanya, minyak ini dapat mencegah kolesterol dan penyakit jantung koroner.

Kegunaan: Untuk dressing pada salad, menumis (asalkan dipanaskan dengan api bersuhu rendah).

Minyak biji bunga matahari
Minyak ini diambil dari sari biji bunga matahari. Kaya akan vitamin E dan  asam lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.
Kegunaan: Untuk menggoreng, menumis, salad dressing.

Minyak Jagung
Diekstrak  dari sari pati biji jagung. Mengandung fitosterol dan antioksidan yang baik untuk jantung.  
Kegunaan:  Untuk  menggoreng, menumis, dan dressing pada salad.

Minyak biji kapas
Diekstrak  dari  biji kapas. Dikenal juga dengan sebutan cottonseed oil. Kaya akan omega 6 dan antioksidan. Sayangnya, minyak ini baru dipasarkan di Amerika.  
Kegunaan:  Untuk menggoreng,  membuat mayones, dan salad dressing.

Mona Indriyani




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
POLING

Rentan Bullying
Menurut Anda bully adalah bentuk dari:

Melakukan kekerasan hanya secara fisik.
Mengumpat dengan kata-kata kasar atau membentak.
Menekan seseorang secara emosional.
Memberi tugas atau pekerjaan di luar batas.
Menghina atau memperolok.
Memandang remeh.
Mengabaikan.
Memanipulasi atau membohongi.
Memarahi terus-menerus.
Mengancam atau menakut-nakuti.
Kekerasan secara fisik dan emosional.
Topik Hari Ini
TOPIK Hari Ini
'Pamer' Si Kecil di Sosmed
Seberapa sering Anda memajang foto aktivitas anak Anda di media sosial?
KOMENTAR
27 May 2015 - NurlaeliUmar
Mengunggah foto ke media sosial, awalnya karena bangga dengan perkembangan dan prestasi anak. Tapi setelah melihat tayangan di televisi atas beberapa kasus penculikan oleh orang-orang yang berkenalan di media sosial, sedikit di batasi saja.
26 May 2015 - Rury Paurisca
Sebagai seorang bunda, tumbuh kembang anak menjadi yang utama, dan tentu saja moment yang menggemaskan itu tidak mungkin dilewatkan begitu saja. Hampir setiap hari saya pasti upload foto si kecil di sosial media (path, facebook, atau instagram) dan i ...
26 May 2015 - risyagroove
Alasan saya mungkin lebih karena ingin mengabadikan moment ya moms, selain itu juga cara untuk mengabari sodara dan sohib tentang si kecil dan dari situ kita bisa bertukar kabar ya moms, apalagi saya pindah jauh dari kota asal saya :D



Majalah Edisi 22 (30 Mei - 5 Juni 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 27 May 2015






  VIDEO