Info Kuliner 

Kalimantan: Surganya Ikan Sungai


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Kalimantan: Surganya Ikan Sungai Femina
Pulau Kalimantan dialiri sungai-sungai besar. Tak heran bila, apa pun provinsinya, ikan sungai menjadi sumber protein utama. Ikan papuyu merupakan yang termahal. Dikenal juga dengan nama ikan betik (Jawa dan Sunda), uyu-puyu (Padang), dan geteh-geteh (Manado). Rasa dagingnya gurih, dan  renyah bila digoreng. Saking disukainya, harganya bisa melampaui daging sapi! 

Jenis ikan sungai lainnya adalah ikan gabus, yang istilah lokalnya adalah ikan haruan. Ada pula ikan saluang, yakni ikan berukuran kecil yang biasa digoreng kering. Hasil sungai lainnya adalah ikan lais, ikan belida, dan udang galah. Ikan-ikan ini biasanya dibakar, menemani menu keseharian suku Dayak, misalnya. Tak heran jika sajian berupa ikan banyak menghiasi daftar menu rumah makan Kalimantan. Harga ikan-ikan sungai biasanya sedikit turun saat musim kemarau, karena di musim itu jumlahnya melimpah ruah. Ukuran ikan pun lebih montok dibanding saat musim lain.

Di antara rasa gurih dan pedas khas hidangan Kalimantan, terdapat pula rasa kecut yang khas diperoleh dari terung asam, selain jeruk limau kuit. Bentuknya bulat seperti terung hijau untuk lalap, tapi warnanya kuning-oranye. Banyak dipakai di dapur Melayu. Terung asam ini digunakan dengan cara dipotong-potong, lalu dimasukkan ke dalam sayuran dan dimasak bersama atau disambel setelah terung digoreng terlebih dahulu. Terkadang, terung asam diganti dengan nanas dalam kuantitas lebih banyak.

Mangga kasturi juga khas Kalimantan Selatan, sampai-sampai dijadikan maskot provinsi ini. Bentuknya sama dengan mangga biasa, hanya lebih kecil. Satu buah mangga beratnya hanya sekitar 80 gram saja. Tak heran bila buah berdaging oranye ini disuka banyak orang. Keharuman dan kesegaran kasturi dapat dinikmati saat awal musim hujan, dan melimpah di bulan Januari. Sayangnya, saat ini buah kasturi sudah termasuk flora langka. 
(f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Harga BBM Naik Femina
TOPIK Hari Ini
Harga BBM Naik
Setuju atau tidak dengan kenaikan harga BBM ini?
KOMENTAR
25 Nov 2014 - RuryPaurisca
Saya setuju saja dengan kenaikan BBM yang ditentukan oleh pemerintah RI. Kenaikan BBM bersubsidi itu menurut saya merupakan pengalihan subsidi untuk yang lebih produktif dan menurut Presiden Jokowi itu juga merupakan jalan untuk mengalihkan anggaran  ...
20 Nov 2014 - RiaJumriati
Saya setuju dengan kenaikan BBM, beri kesempatan pada Bp. Presiden Jokowi utk membuktikan bhw pengalihan subsidi BBM, bisa di gunakan utk pembangungan jalan dan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh. Beliau berani mengemban dosa pemimpin terdahulu d ...



Majalah Edisi 46 (22 - 28 November 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 19 November 2014






  VIDEO