Career
6 Tip Mempersiapkan Acara Kantor

3 Sep 2013

Jangan langsung panik begitu atasan meminta Anda mengurus sebuah event atau pesta kantor. Itu tandanya, Anda dianggap kreatif dan bertanggung jawab untuk membuat sebuah acara. Agar acara berjalan lancar, ini yang harus Anda lakukan....


Urus undangan

Cek siapa saja yang harus diundang. Jika acara bersifat umum, Anda bisa mengundang seluruh karyawan perusahaan. Sebaliknya, jika acaranya lebih khusus, kita cukup mengundang divisi tertentu saja.

Menentukan lokasi
Jika memungkinkan, pilih lokasi di luar kantor. Jangan sampai saat pesta pun karyawan masih melihat komputer dan tumpukan pekerjaan. Dijamin nggak bisa menikmati acara, tuh.

Bebas deadline
Pilih waktu pesta yang nggak mendekati deadline kantor agar mayoritas undangan bisa menikmati acara tanpa khawatir urusan pekerjaan. Percayalah, ‘mencuri’ waktu deadline hanya bikin karyawan panik memikirkan nasib pekerjaan mereka saat acara. Mereka juga jadi punya alasan untuk nggak hadir.

Iming-iming hadiah
Sisihkan bujet untuk doorprize atau hadiah games agar acara semakin seru dan banyak yang masih mengikuti sampai akhir acara. Jangan lupa sebutkan tentang bagi-bagi hadiah ini dalam undangan agar karyawan semangat untuk datang.



Ada rencana cadangan
Apa pun acaranya dan sebaik apa pun sudah rencana yang Anda buat, kemungkinan untuk gagal selalu ada. Karena itu, cari tahu kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, lalu siapkan plan B.

Sampaikan progres
Pastikan atasan mengetahui progres acara yang Anda buat agar kita bisa mendapat masukan ataupun kritikan. Setiap ada hal baru yang Anda rencanakan, atasan harus tahu. Siapa tahu dia nggak setuju.

Fanny Indriawati
Foto: Corbis/ClickPhotos



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?