Trending Topic
Click, Share, & Play

27 Oct 2013


Dengan predikat sebagai pengguna internet kedua terbesar di dunia, pertumbuhan interkonektivitas di Indonesia  juga dimanfaatkan jadi ajang bisnis dan berkreasi para pengembang aplikasi lokal. Yang membanggakan, sejumlah aplikasi favorit yang tersedia ternyata asli buatan Indonesia dan sudah mendunia. Berikut ini beberapa yang berhasil menarik perhatian publik. 


Berbagi ala CatFiz
Aplikasi Android messenger ini telah mencatat 4 juta pengguna hingga akhir November 2012. "Tiap hari ada pertambahan 10.000 pengguna dari seluruh dunia," kata Jagad Hariseno, pendiri CatFiz di ajang IDbyte 2013 lalu. Aplikasi messenger ini digemari karena  diperkaya dengan fitur sharing layaknya media sosial, seperti status, comment, dan fizzlink untuk berbagi tautan.
    Aplikasi sharing memang diminati masyarakat Indonesia. Yang patut disorot ketika kegiatan berbagi daring (online) ini ‘pindah’ lokasi ke dunia nyata. Inilah uniknya, CatFiz berhasil menggerakkan penggunanya membentuk komunitas. Grup pengguna CatFiz di berbagai daerah di Indonesia ini aktif melakukan kegiatan sosial, seperti bakti sosial untuk membantu korban banjir dan kegiatan amal lainnya di kota  masing-masing. Sharing kini menyentuh makna sejatinya dan bukan sekadar fitur lagi di aplikasi ini.






Berjualan lewat Shoop!
Karena kepraktisannya, aplikasi karya DheZign Development, pengembang aplikasi asal Surabaya, berhasil jadi salah satu pemenang dalam Bubu Awards 2013 untuk aplikasi bergerak kategori utility. Shoop! bisa jadi pilihan untuk membantu para pemilik toko daring. Sesederhana namanya, Shoop! juga didesain ramah bagi para pengguna. Cukup unduh aplikasi gratis ini di Google Play atau GetShoop.com ke perangkat Android Anda.
    Jika selama ini Anda harus memotret sekian produk, memindahkan file foto dari kamera ke komputer lalu mengeditnya, baru di-posting iklannya satu per satu di marketplace yang berbeda, Shoop! akan memangkas semua proses tadi hanya dalam tiga langkah. Daftarkan toko daring Anda ke Shoop! Potret produk langsung dengan kamera di perangkat Android Anda, edit dengan fitur editing foto sederhana yang tersedia, dan tuliskan detail spesifikasi produk, seperti nama, harga, jenis bahan, dan lainnya. Maka… dalam waktu 1-2 menit Anda bisa langsung punggah satu produk ke marketplace yang Anda gunakan!
    Saat ini, Shoop! bisa digunakan untuk marketplace populer, seperti Etsy, eBay, shopify, Kaskus, dan PrestaShop. Juga bisa untuk laman toko daring Anda di Facebook, Twitter, WordPress Store, Wpecommerce, dan WooCommerce. Anda pun terbebas dari langkah-langkah posting iklan yang merepotkan dan waktu Anda bisa dimanfaatkan untuk memikirkan strategi pemasaran atau pengembangan produk. Shoop! juga menyediakan fitur editing praktis yang lebih lengkap, seperti crop & filtering di versi premium berbayarnya, dan tentu saja bebas dari tanda air dan iklan yang mengganggu.






Save The Hamster

Anda pasti langsung gemas begitu melihat hamster-hamster lucu di Save The Hamster ini. Tampilan grafis dengan warna menarik dan latar suara yang pas memang menjadi salah satu daya tarik permainan yang bisa dimainkan di Windows Phone 7.5 dan Windows Phone 8 ini. Tugas yang diberikan kelihatannya mudah, membantu hamster-hamster yang tersesat (dengan angka di tubuhnya) agar bisa kembali pulang dengan selamat. Memasukkan hamster ke lubang yang tepat sesuai hasil perhitungan akan menantang kemampuan matematika Anda. Dan, tunggu dulu, ada banyak rintangan yang harus dilewati di  tiap level, seperti kotak kayu dan pisau cakram.
    Permainan asah otak ini dikembangkan oleh empat mahasiswa dari tim Solite Studio, Universitas Trunojoyo, Madura, yaitu Asadullohil Ghalib Kubat, Miftah Alfian Syah, M. Bagus Muslim, dan Tony Wijaya. Dalam waktu dua minggu sejak dirilis di Windows Phone Market pada 21 Juni 2013 dan Windows 8  pada 24 Juni 2013, Save The Hamster telah diunduh 30.000 kali. Fakta ini menarik perhatian para juri Imagine Cup 2013 di Rusia dan tim Solite Studio berhasil menjadi Pemenang II untuk kategori games.





Menelusuri Budaya Pop di Icon Pop

Permainan tebak-tebakan yang populer di kalangan pengguna iPhone, iPod, dan iPad ini memiliki beberapa versi, yaitu Icon Pop Song, Icon Pop Brand, Icon Pop Quiz, Icon Pop Word, dan  Icon Pop Mania. Sebetulnya game ini berkonsep serupa Logo Quiz. Di  tiap game Anda harus menebak gambar. yang merujuk pada logo merek-merek populer, judul film, acara televisi, dan karakter dalam sebuah film. Atau di versi Icon Pop Song, Anda harus menebak judul lagu. Anda akan mendapat nilai sempurna dan  token jika tebakan Anda tepat, dan nilai akan berkurang jika ada salah ketik. Ada juga pilihan bantuan, seperti Ask Your Friend. Posting gambarnya ke Twitter atau Facebook untuk minta bantuan teman menjawab.
    Icon Pop merupakan kreasi Alegrium, pengembang game lokal yang sebelumnya sudah tampil dengan game Rob & Roll yang banyak diminati. Alegrium lahir tahun 2011 dari kreativitas 4 anak muda: Yan Gunawan, Stefan Damasena, Indra Budiman, dan Raygen. Dengan desain minimalis namun detail, Icon Pop ciptaan mereka sudah diunduh hingga 11 juta kali di Appstore, dan 2 juta kali di Google Play Store.
    Mayoritas pengunduh Icon Pop justru berasal dari luar Indonesia, seperti Kanada, Inggris, dan Australia. Untuk para penggemar Icon Pop, Alegrium juga membuka sebuah toko daring yang menyediakan  pernak-pernik Icon Pop, seperti kaus dan casing ponsel. Popularitas Icon Pop cukup tinggi di Appstore, dan pernah menduduki posisi ketiga setelah Youtube dan Line. Bahkan, penyanyi asal Korea, Psy, yang populer dengan Gangnam Style menggunakan ikon dirinya berupa siluet wajah dari Icon Pop sebagai Avatar di profil Twitter miliknya.(Rahma Wulandari)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?