Seks 

Problem Seks Wanita


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Problem Seks Wanita Femina
Kehidupan seks pasangan suami istri tidak selamanya indah dan berjalan sesuai yang diinginkan. Ada beberapa problem seks yang bisa terjadi. Mau tahu masalah seksual apa saja yang paling banyak dikeluhkan wanita di Indonesia? Berikut cerita dua seksolog dari On Clinic dan Pusat Hubungan Seksual dan Reproduksi Grasia.

Sulit Orgasme
Menurut dr. Ainun Ayatullah, konsultan medis khusus wanita dari On Clinic Indonesia, keluhan seks sulit orgasme paling banyak dikeluhkan pasien wanita yang datang ke kliniknya. Pemicu sulit orgasme, kata Ainun, tak hanya satu faktor. Sulit orgasme bisa terjadi karena masalah fisik seperti kelelahan, masalah medis (gangguan pembuluh darah dan syaraf hingga konsumsi obat penenang maupun darah tinggi), hingga masalah psikis, seperti rasa cemas yang berlebihan.

Kurangnya Lubrikasi
Banyak juga wanita yang mengeluhkan kenapa daerah V-nya masih kering (tidak ada lubrikasi) padahal sudah terangsang. Penyebabnya bisa beragam, seperti karena foreplay yang kurang lama, stres, penyakit diabetes, pengaruh obat, seta kebiasaan mengonsumsi alkohol berkelebihan.

Faktor Hormonal
Tidak dapat dipungkiri, gairah di awal menikah yang selalu hot, bisa hilang tak berbekas. Menurut dr. Ainun, kondisi itu secara fisik bisa dipicu oleh tiga hal, yaitu kerusakan saraf, penurunan aliran darah ke organ kelamin, dan faktor hormonal. Faktor hormonal biasanya muncul pada Anda yang telah menggunakan alat kontrasepsi KB, baru melahirkan, menyusui, dan pasca-histerektomi (pengangkatan rahim).

Kondisi Tidak Nyaman
Ada beberapa wanita yang mengeluhkan vagina terasa nyeri seperti terbakar saat sedang bercinta. Hal seperti itu dinamakan dyspareunia, yakni nyeri saat berhubungan seks. Penyebabnya, bisa karena kurangnya lubrikasi didaerah vagina, luka bekas episiotomi (pengguntingan di daerah anus dan vagina saat persalinan untuk melebarkan jalan lahir), penipisan dan pengeringan dinding vagina akibat kurang estrogen, hingga infeksi jamur.

Seringkali Terburu-Buru
Menurut dr. Alex Pangkahila, di Pusat Kebugaran Seksual dan Reproduksi Grasia, pasien banyak datang karena tak lagi merasakan bercinta sebagai aktivitas menyenangkan. Pasangan ingin cepat selesai seperti dikejar deadline. Akibatnya, wanita merasa dirinya tak lebih dari sekedar objek seks.

Krisis Percaya Diri
Masalah krisis percaya diri juga menjadi keluhan yang sering masuk ke On Clinic. Banyak wanita yang anjlok gairah bercintanya gara-gara bentuk badan yang berubah. Entah dada yang tak lagi kencang atau bobot yang melonjak karena pemakaian pil KB. Krisis ini, diyakini dr. Ainun, menimbulkan masalah dalam kehidupan seks wanita dengan pasangannya.

Suami Langsung Terlelap
Suami langsung terlelap setelah bercinta? Hal ini sering dikeluhkan wanita. Wanita jadi merasa tak diacuhkan. Menurut Dave Zinczenko, dalam buku Men, Love and Sex, bagi pria, seks merupakan pelepas ketegangan atau stres. Ketika orgasme, otak pria memproduksi senyawa kimia oksitoksin dan vasopressin, yang otomatis memberi sinyal istirahat kepada seluruh sistem saraf tubuh pria. Itulah yang membuat mereka cepat pulas usai bercinta. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Live! Femina
TOPIK Hari Ini
Live!
Setujukah Anda jika hajatan selebritas ditayangkan secara live selama belasan jam di televisi nasional?
KOMENTAR
21 Dec 2014 - yuanitachristy
Sangat tidak setuju, * terlalu berlebihan* tidak sesuai dengan visi misi pertelevisian ya...* terlihat tidak cerdas menayangkan berita monoton* bahkan memperlihatkan keminiman kreativitas sebuah acara
17 Dec 2014 - christine15435
Saya tidak setuju siaran langsung acara hajatan selebritis di tv. Menurut sya tidak ada manfaatnya. Tidak menghibur, apalagi mendidik. Jika selebritis ingin berbagi kebahagiaan mereka, hal itu dapat dilakukan dengan cara lain. Misalnya cukup dengan d ...



Majalah Edisi 50 (20 - 26 Desember 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 17 December 2014






  VIDEO