Seks 

Infeksi Vagina


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Infeksi Vagina  Femina
Tanya:
Saya sudah menikah selama 5 tahun dan belum dikaruniai anak. Ginekolog mengatakan, kami berdua tidak memiliki masalah. Namun, sudah hampir dua tahun, setiap berhubungan, vagina saya terasa sakit, bengkak kemerahan, dan panas. Setiap selesai datang bulan juga keluar cairan seperti keputihan dan seriawan yang mengelupas. Ginekolog menyatakan saya menderita keputihan, dan sudah memberikan obat. Apa yang terjadi?

Jawab:
Gejala yang Anda alami sangat spesifik untuk suatu infeksi. Sebagian besar infeksi pada vagina juga disertai rasa sakit saat berhubungan seksual atau masa haid yang bermasalah. Sebaiknya, Anda berkonsultasi ulang ke ginekolog untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala yang Anda alami mungkin disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Bila memang infeksi jamur,   kerap dapat berulang, meskipun sudah mendapat terapi yang sesuai. Kondisi ini dikenal sebagai kandidiasis vulva vaginal kronis.

Kadangkala, terapi teratur membutuhkan waktu 3 -  6 bulan dan tidak cukup hanya dengan obat lokal yang dimasukkan ke dalam vagina, tetapi diperlukan juga obat yang diminum secara teratur. Selain itu, Anda sebaiknya menjaga kebersihan organ intim, menghindari makanan yang mengandung gula, serta menurunkan berat badan (kalau berat badan Anda berlebih). Untuk infeksi bakteri dan protozoa juga diperlukan obat-obat yang diminum secara teratur, selain obat vaginal. Infeksi di daerah vagina yang tidak diobati secara tuntas dapat menghambat upaya memiliki keturunan.

Konsultan: dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG.

 


 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Jangan Diam Femina
TOPIK Hari Ini
Jangan Diam
Jika Anda melihat perilaku kekerasan - secara verbal atau fisik - apa yang Anda lakukan?
KOMENTAR
23 Jun 2015 - indrifebianti
Suatu kali, ketika saya sedang naik motor, terlihat seorang ibu dan anaknya sedang jalan di pinggir jalan. Dari awal saya lihat, posisi si anak berada di sisi jalanan dan si ibu cuek-cuek aja sambil sibuk dengan hp-nya. Sepertinya si ibu tidak ped ...
22 Jun 2015 - diankh
Pernah sore hari ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah mall melihat seorang anak menangis dan ditampar berkali-kali oleh Ibunya sehingga menjadi tontonan beberapa pengunjung.Melihat kejadian tersebut saya segera menarik tangan Ibu tersebut dan  ...



Majalah Edisi 27 (4 - 10 Juli 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 1 July 2015






  VIDEO