Seks 

Indung Telur Tinggal Satu, Sulit Hamil?


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Indung Telur Tinggal Satu, Sulit Hamil?  Femina
Tanya:
Setahun lalu, saya mengalami hamil di luar kandungan, sehingga saya terpaksa menjalani operasi caesar. Dokter mendeteksi ada kista berdiameter 5 cm dalam indung telur sebelah kanan saya, dan harus diangkat. Setelah operasi itu, saya tak kunjung hamil lagi. Padahal, saya sudah berobat ke dokter, minum pil penyubur, dan mencoba pengobatan alternatif. Dokter pernah menyarankan agar saya melakukan HSG (peniupan). Bisakah Dokter jelaskan tentang seluk-beluk metode HSG? Apakah saya sulit hamil karena satu indung telur saya sudah diangkat?


Jawab:
Umumnya, kendati satu indung telur sudah diangkat, Anda tetap dapat hamil. Kehamilan akan sulit terjadi bila saluran telur Anda tersumbat. Mengingat Anda pernah mengalami hamil di luar kandungan, risiko mengalami sumbatan saluran telur jadi lebih tinggi.
    Karena itu, saran dokter agar Anda menjalani pemeriksaan HSG (histerosalpingografi) sangat tepat. Pemeriksaan yang akan dilakukan dokter spesialis radiologi ini sebaiknya dilakukan segera setelah haid selesai. Prosesnya, melalui selang yang amat halus, dokter akan memasukkan sejenis cairan ke dalam rongga rahim hingga mengisi seluruh saluran rahim. Kemudian, dilakukan foto rontgen pada bagian tersebut. Hasil foto rontgen rahim dan saluran telur itu dapat menentukan ada tidaknya sumbatan pada saluran telur, atau ada tidaknya kelainan pada rongga rahim.
    Efek samping pemeriksaan ini kecil sekali. Yang dapat terjadi, biasanya alergi terhadap cairan yang diberikan. Risiko infeksi yang juga mungkin terjadi pada organ reproduksi, umumnya bisa diatasi dengan pemberian antibiotika, yang biasanya sudah dimulai sejak sebelum pemeriksaan dilakukan. (f)


 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Berhemat (Lagi)!  Femina
TOPIK Hari Ini
Berhemat (Lagi)!
Pos keuangan mana yang langsung Anda hemat untuk mengantipasi meningkatnya harga barang pokok?
KOMENTAR
29 Aug 2015 - EndahSusilawati05045
Sejak dua tahun terakhir kami memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk menanam tanaman kebutuhan sehari hari. Kami juga membuat kolam ikan. Ilmunya kami peroleh dari internet. Benar benar  menjadi penyelamat di saat kondisi seperti ini. Selai ...
24 Aug 2015 - susanzahara
Di jaman yang serba naik yang paling masuk akal untuk dilakukan ya hidup prihatin. Kurangi belanja bahan makanan yang berlebihan. Usahakan tepat porsi dan komposisi gizi.  Pos keuangan yang bisa dipangkas misalnya dana rekreasi da ...



Majalah Edisi 34 (29 Agustus - 4 September 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 26 August 2015






  VIDEO