Keuangan 

Investasi Mata Uang Asing


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Investasi Mata Uang Asing Femina
Perekonomian dunia sedang melesu, harga-harga kebutuhan naik, tagihan-tagihan menumpuk, dan gaji Anda hanya sekedar'lewat' di rekening tabungan. Anda harus pintar menyiasati kondisi finansial yang sulit seperti ini dengan melihat kesempatan bisnis atau investasi jangka panjang dengan keuntungan yang signifikan. Salah satu jenis investasi yang bisa Anda 'lirik' adalah investasi mata uang asing.

Menurut Lilis Setiadi, konsultan finansial, keuntungan dalam investasi mata uang asing tergantung dari jenis investasinya. Seperti halnya dalam rupiah, Anda dapat berinvestasi dalam deposito, obligasi pemerintah, dan reksa dana dalam mata uang asing (misalnya dolar Amerika).

Dengan kondisi sekarang, investasi dalam deposito dolar Amerika –tergantung bank yang Anda pilih– memungkinkan Anda mendapatkan bunga deposito sampai dengan kisaran 1,5% (bersih) per tahun. Untuk obligasi pemerintah dalam dolar Amerika –tergantung lama jatuh tempo dari obligasi yang Anda pilih– dapat memberikan 2%-4% (bersih) per tahun. Untuk reksa dana dolar Amerika, tergantung dari jenis reksa dananya.  Return yang mungkin didapatkan  antara 1,5% sampai dengan >8% per tahun.

Untuk mendapatkan return yang relatif tinggi (di atas >5% per tahun), pilihan eksposurnya ada pada saham. Namun, saham juga tinggi risikonya. Sehingga, perlu dimengerti benar jenis risiko yang ada dalam reksa dana campuran saham sebelum Anda berinvestasi di dalamnya.

Sementara, untuk jumlah minimal, di instrumen apa pun yang Anda pilih, angkanya akan beragam tergantung di mana Anda menempatkan dana Anda. Jumlah minimal penempatan deposito di bank A berbeda dengan bank B, dan jumlah minimal pembelian reksa dana X akan berbeda dengan reksa dana Y.

Bagaimana?  Anda tertarik untuk berinvestasi dengan mata uang asing? (f)





 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Jangan Diam Femina
TOPIK Hari Ini
Jangan Diam
Jika Anda melihat perilaku kekerasan - secara verbal atau fisik - apa yang Anda lakukan?
KOMENTAR
04 Jul 2015 - LisaYustika
Rasanya sudah menjadi kewajiban bagi kita, terutama kaum perempuan untuk melakukan tindakan ketika melihat aksi kekerasan terhadap anak. Minimal menegur si pelaku. Namun, yang kadang membuat sebagian kita ragu untuk melakukannya adalah, dampak yang a ...
23 Jun 2015 - indrifebianti
Suatu kali, ketika saya sedang naik motor, terlihat seorang ibu dan anaknya sedang jalan di pinggir jalan. Dari awal saya lihat, posisi si anak berada di sisi jalanan dan si ibu cuek-cuek aja sambil sibuk dengan hp-nya. Sepertinya si ibu tidak ped ...
22 Jun 2015 - diankh
Pernah sore hari ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah mall melihat seorang anak menangis dan ditampar berkali-kali oleh Ibunya sehingga menjadi tontonan beberapa pengunjung.Melihat kejadian tersebut saya segera menarik tangan Ibu tersebut dan  ...



Majalah Edisi 27 (4 - 10 Juli 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 1 July 2015






  VIDEO