Keuangan 

Beli Rumah atau Mobil


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Beli Rumah atau Mobil Femina
T: Saya (30) memiliki tabungan sekitar Rp80 juta. Ada dua pilihan dalam benak saya: membeli mobil atau rumah. Orang-orang di sekitar saya menyarankan saya menyicil rumah, karena sekaligus bisa untuk investasi. Sementara itu, karena masih tinggal dengan orang tua, saya ingin membeli mobil untuk operasional ke kantor. Mana yang sebaiknya saya pilih?

J: Bila dana terbatas untuk diversifikasi investasi, selalu mendahulukan pilihan investasi yang ke depannya cenderung mengalami apresiasi (kenaikan nilai) dan membutuhkan biaya pemeliharaan tambahan atau maintenance yang relatif rendah. Dalam hal ini, antara rumah dan mobil, rumah keliatannya dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Mengingat Anda masih tinggal dengan orang tua, Anda bahkan mungkin dapat berinvestasi di tanah dibandingkan rumah. Kecenderungan harga tanah terus terapresiasi dengan berjalannya waktu. Bila belum ada dana cukup untuk membangun, Anda bisa menunggu sampai waktu dan kondisi keuangan yang lebih tepat. Selain itu, biaya pemeliharaan tanah hampir tidak ada. Sementara apabila investasi rumah, walaupun nilai tanahnya terapresiasi, nilai bangunannya sendiri akan susut (terdepresiasi). Bila Anda tidak mendapatkan orang yang mau menyewa rumah tersebut, Anda perlu menyisihkan dana tambahan untuk pemeliharaan bangunan rumah agar tidak rusak.

Sementara kalau mobil, dari sisi praktisnya (transportasi yang Anda perlukan untuk ke kantor), kelihatannya merupakan jenis investasi yang baik. Tetapi nilai kendaraan sebenarnya akan terus susut, sementara biaya asuransi dan pemeliharaan rutin yang dibutuhkan tidaklah murah. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini 8 Wanita di Kabinet Kerja RI  Femina
TOPIK Hari Ini
8 Wanita di Kabinet Kerja RI
Dari delapan wanita yang menjabat posisi menteri, siapa yang paling Anda tunggu sepak terjangnya?
KOMENTAR
31 Oct 2014 - imass
bu susi salut atas kerja kerasnya tapi perbaiki attitudenya ya bu
29 Oct 2014 - maryadisayang9
Susi similikiti......hahahha....inspiring banget thu kisah perjuangan membangun bisnisnya.Dan Ibu Retno, Menlu yang merupakan diplomat karir.Go...go...ibu2.....
28 Oct 2014 - vonny1987
maju terus bu susi....jgn hiraukan komentar mrk2 yg negatif



Majalah Edisi 43 (1 - 7 November 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 29 October 2014






  VIDEO