Kesehatan 

Perih Di Perut


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Perih Di Perut Femina

Akhir-akhir ini perut Anda terasa perih. Bila ulu hati ditekan, yang terasa sakit justru di bagian perut bawah. Rasa nyeri juga makin terasa ketika batuk. Apa sih penyebabnya?

Menurut Dr Kartono Mohammad, rasa sakit di perut bisa berasal dari berbagai hal. Rasa nyeri terkadang sulit ditebak karena ada fenomena referred pain, yakni sakit di satu tempat tetapi juga terasa di bagian lain. Biasanya, daerah asal nyeri akan terasa sakit bila ditekan. Oleh karena itu, dokter akan memeriksa dengan cara menekan-nekan perut untuk menemukan lokasi asal nyeri.

Bila ulu hati tidak sakit, berarti sumber rasa nyeri yang Anda rasakan bukan dari lambung. Di perut bawah terdapat usus besar dan organ reproduksi wanita, yaitu ovarium (indung telur) dan uterus (rahim).Organ-organ itu semua tidak mempunyai saraf rasa sakit. Bila rasa sakit muncul saat dinding perut sebelah dalam (peritoneum) terangsang, biasanya hal ini disebabkan oleh radang atau tertekan massa.

Sering kali terjadi radang di saluran telur pada wanita yang tidak disertai demam. Bila sedang batuk, tekanan dalam rongga perut dan tekanan pada daerah yang sakit juga akan meningkat. Rasa sakit yang timbul pun makin bertambah. Sebaiknya Anda periksakan diri ke spesialis ginekologi untuk memastikan kondisi pada organ reproduksi Anda.(f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Cinta Bumi  Femina
TOPIK Hari Ini
Cinta Bumi
Apa yang sudah Anda lakukan agar bumi lebih lestari?
KOMENTAR
22 Apr 2015 - Frirmalasari
Kontribusi saya sederhana yaitu tidak bercita-cita membangun rumah gedongan plus punya mobil lebih dari satu. Saya akan sebisa mungkin memanfaatkan transportasi publik dan meminimalisir penggunaan AC. 
22 Apr 2015 - indrifebianti
Manusia adalah makhluk yang paling sulit diatur, apalagi oleh manusia lain. Jadi segala sesuatu itu harus dimulai dari komitmen dan kesadaran pribadi kita sendiri dan berani mempertanggungjawabkannya. Tumbuhkan itu dulu, baru semua yang ingin kita ...



Majalah Edisi 17 (25 April - 1 Mei 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 22 April 2015






  VIDEO