Kesehatan 

Pap Smear VS IVA


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Pap Smear VS IVA Femina
Tanya:
Saya baru melahirkan anak pertama 3 bulan lalu. Kapankah sebaiknya saya melakukan pap smear? Apa bedanya pap smear dan tes IVA? Mana yang lebih efektif?

Jawab:
Jika sebelum melahirkan Anda belum pernah melakukan pap smear, waktu terbaik untuk melakukannya adalah maksimal 3 bulan setelah melahirkan. Tapi, jika sebelum melahirkan Anda sudah pernah di-screening, Anda hanya perlu melakukannya 1 tahun setelah pap smear sebelumnya.

Inspeksi visual asam (IVA) adalah deteksi dini kanker leher rahim alternatif selain pap smear untuk memeriksa daerah yang tidak bisa dijangkau oleh pap smear. Meskipun hasil IVA bisa dilihat langsung, sampai saat ini hasil pap smear masih lebih akurat. Karena, IVA dikerjakan oleh bidan atau dokter yang sudah mendapat training dengan cara mengolesi leher rahim dengan asam asetat, untuk melihat tanda-tanda lesi prakanker (tahapan  sel-sel berubah menjadi sel-sel buruk yang berpotensi menjadi kanker). Tapi, mata pemeriksa harus sangat jeli untuk membaca hasil dan mengenali apakah daerah yang diperiksa ada kanker atau tidak. Sedangkan pada pap smear, cairan lendir leher rahim Anda diambil untuk diperiksa di laboratorium, sehingga hasilnya bisa lebih akurat.




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Jangan Diam Femina
TOPIK Hari Ini
Jangan Diam
Jika Anda melihat perilaku kekerasan - secara verbal atau fisik - apa yang Anda lakukan?
KOMENTAR
23 Jun 2015 - indrifebianti
Suatu kali, ketika saya sedang naik motor, terlihat seorang ibu dan anaknya sedang jalan di pinggir jalan. Dari awal saya lihat, posisi si anak berada di sisi jalanan dan si ibu cuek-cuek aja sambil sibuk dengan hp-nya. Sepertinya si ibu tidak ped ...
22 Jun 2015 - diankh
Pernah sore hari ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah mall melihat seorang anak menangis dan ditampar berkali-kali oleh Ibunya sehingga menjadi tontonan beberapa pengunjung.Melihat kejadian tersebut saya segera menarik tangan Ibu tersebut dan  ...



Majalah Edisi 26 (27 Juni - 3 Juli 2015)  Femina  Edar 
Thursday, 25 June 2015






  VIDEO