Kesehatan 

Pap Smear VS IVA


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Pap Smear VS IVA Femina
Tanya:
Saya baru melahirkan anak pertama 3 bulan lalu. Kapankah sebaiknya saya melakukan pap smear? Apa bedanya pap smear dan tes IVA? Mana yang lebih efektif?

Jawab:
Jika sebelum melahirkan Anda belum pernah melakukan pap smear, waktu terbaik untuk melakukannya adalah maksimal 3 bulan setelah melahirkan. Tapi, jika sebelum melahirkan Anda sudah pernah di-screening, Anda hanya perlu melakukannya 1 tahun setelah pap smear sebelumnya.

Inspeksi visual asam (IVA) adalah deteksi dini kanker leher rahim alternatif selain pap smear untuk memeriksa daerah yang tidak bisa dijangkau oleh pap smear. Meskipun hasil IVA bisa dilihat langsung, sampai saat ini hasil pap smear masih lebih akurat. Karena, IVA dikerjakan oleh bidan atau dokter yang sudah mendapat training dengan cara mengolesi leher rahim dengan asam asetat, untuk melihat tanda-tanda lesi prakanker (tahapan  sel-sel berubah menjadi sel-sel buruk yang berpotensi menjadi kanker). Tapi, mata pemeriksa harus sangat jeli untuk membaca hasil dan mengenali apakah daerah yang diperiksa ada kanker atau tidak. Sedangkan pada pap smear, cairan lendir leher rahim Anda diambil untuk diperiksa di laboratorium, sehingga hasilnya bisa lebih akurat.




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Sahur... Sahur! Femina
TOPIK Hari Ini
Sahur... Sahur!
Bagaimana cara Anda mengisi Ramadhan agar lebih bermakna?
KOMENTAR
22 Jul 2014 - maulafarha
Ramadhan thn niy bs bermakna karena sdh mnmpati rmh baru, si kk puasa wlwpun jeboly lbih bnyk dr thn yg lalu hny 5hr,thn niy gak ngitungin siy...hihihi...bs bantu orgtua yg tdk krj slm ramadhan,bs bliin daging buat lbaran wlwpun ikut arisan paket,pin ...
17 Jul 2014 - ernike
puasa kali  lebih banyak utk menenangkan diri dan keluar dari masalah yg rumit, mmhh..harus lebih yakin ada hikmah dibalik semua masalah krn itu rencana tuhan yg kita tdk tau, semoga saya bs lebih tegar ya
16 Jul 2014 - laylaizzah
Ramadhan kali ini berusaha mengajari jagoan kecilku ikut puasa.meskipun baru 4,5 tahun. Semoga berhasil lah..



Majalah Edisi 30 (26 Juli - 8 Agustus 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 23 July 2014






  VIDEO