Kesehatan 

Pap Smear VS IVA


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Pap Smear VS IVA Femina
Tanya:
Saya baru melahirkan anak pertama 3 bulan lalu. Kapankah sebaiknya saya melakukan pap smear? Apa bedanya pap smear dan tes IVA? Mana yang lebih efektif?

Jawab:
Jika sebelum melahirkan Anda belum pernah melakukan pap smear, waktu terbaik untuk melakukannya adalah maksimal 3 bulan setelah melahirkan. Tapi, jika sebelum melahirkan Anda sudah pernah di-screening, Anda hanya perlu melakukannya 1 tahun setelah pap smear sebelumnya.

Inspeksi visual asam (IVA) adalah deteksi dini kanker leher rahim alternatif selain pap smear untuk memeriksa daerah yang tidak bisa dijangkau oleh pap smear. Meskipun hasil IVA bisa dilihat langsung, sampai saat ini hasil pap smear masih lebih akurat. Karena, IVA dikerjakan oleh bidan atau dokter yang sudah mendapat training dengan cara mengolesi leher rahim dengan asam asetat, untuk melihat tanda-tanda lesi prakanker (tahapan  sel-sel berubah menjadi sel-sel buruk yang berpotensi menjadi kanker). Tapi, mata pemeriksa harus sangat jeli untuk membaca hasil dan mengenali apakah daerah yang diperiksa ada kanker atau tidak. Sedangkan pada pap smear, cairan lendir leher rahim Anda diambil untuk diperiksa di laboratorium, sehingga hasilnya bisa lebih akurat.




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Maaf dan Lupakan Femina
TOPIK Hari Ini
Maaf dan Lupakan
Lebaran kali ini, ingin memaafkan siapa?
KOMENTAR
27 Jul 2014 - agnes wiyantomobile
Sama orang tua dan ingin memaafkan teman2
26 Jul 2014 - bellamuhalimah
Meminta maaf kepada Allah swt, krn sampai saat ini saya belum menjadi orang yang berguna bagi dunia.
26 Jul 2014 - sukmamobile
Minta maaf sm alm ayah krn ga bisa jaga n nemenin ibu...pgn memaafkan bpk mertua yg udh bikin semua anggota keluarga sakit hati



Majalah Edisi 30 (26 Juli - 8 Agustus 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 23 July 2014






  VIDEO