Kesehatan 

Obat untuk Gatal


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Obat untuk Gatal Femina
Pengobatan untuk gatal, oleh sebab apa pun, sebenarnya sama saja. Ini dia obat untuk mengatasi gatal:

1. Antihistamin (penangkal gatal) yang diminum. Antihistamin ini memiliki efek sedatif (menenangkan). Sambil minum obat ini, penyebab gatal harus dicari, agar bisa diberi obat yang tepat.
2. Pengobatan topikal (dioleskan di permukaan kulit) dengan salep yang mengandung kortikosteroid (golongan steroid yang akan membantu mengurangi peradangan pada kulit yang gatal), disesuaikan dengan penyebab gatalnya.

"Hindari penggunaan sabun antiseptik, karena umumnya akan membuat kulit makin kering dan gatal," saran dr. Tridia Sudirga SpKK dari Erha Clinic.

Obat untuk eksim ini banyak dijual bebas. Menurut dr. Tridia, ini menjadi masalah. Sebab, obat-obatan golongan steroid harusnya dikontrol (misalnya, hanya bisa diibeli dengan resep dokter). Karena dijual bebas, orang kerap membelinya dan melakukan terapi pengobatan sendiri, yang belum tentu benar. Dan bisa jadi dia mengulang-ulang terapi, yang sebenarnya bisa memberikan efek samping pada kesehatan kulit.

"Prinsipnya, kalau sudah diobati sendiri tapi tidak membaik atau kambuh lagi dan lagi, lebih baik berkonsultasi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat," tuturnya.

Bila gatal itu disebabkan alergi, terutama makanan, tentunya makanan penyebab alergi perlu dihindari. Jika penyebabnya adalah stres, tak perlu pantang makanan apa pun. Hanya, sebaiknya jauhi makanan yang memicu keringat, misalnya yang terlalu panas atau terlalu pedas. Karena, saat berkeringat, rasa gatal itu malah akan makin menjadi. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Maaf dan Lupakan Femina
TOPIK Hari Ini
Maaf dan Lupakan
Lebaran kali ini, ingin memaafkan siapa?
KOMENTAR
24 Jul 2014 - cita martinimobile
Saya ingin memaafkan diri saya sendiri atas kesalahan masa lalu yg selalu menimbulkan penyesalan. Terdengar egois memang, tapi saya ingib berbahagia dam ikhlas menjalani apa yg pernah saya alami, baik itu ksalahan atau anugerah. Saya harap bisa memul ...
24 Jul 2014 - dharmasanti putrimobile
Sudah setahun saya tidak membalas sms maupun email dan telpon darinya. Tahun ini saya akan lebih berbesar hati dan siap mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin



Majalah Edisi 30 (26 Juli - 8 Agustus 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 23 July 2014






  VIDEO