Kesehatan 

Obat untuk Gatal


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Obat untuk Gatal Femina
Pengobatan untuk gatal, oleh sebab apa pun, sebenarnya sama saja. Ini dia obat untuk mengatasi gatal:

1. Antihistamin (penangkal gatal) yang diminum. Antihistamin ini memiliki efek sedatif (menenangkan). Sambil minum obat ini, penyebab gatal harus dicari, agar bisa diberi obat yang tepat.
2. Pengobatan topikal (dioleskan di permukaan kulit) dengan salep yang mengandung kortikosteroid (golongan steroid yang akan membantu mengurangi peradangan pada kulit yang gatal), disesuaikan dengan penyebab gatalnya.

"Hindari penggunaan sabun antiseptik, karena umumnya akan membuat kulit makin kering dan gatal," saran dr. Tridia Sudirga SpKK dari Erha Clinic.

Obat untuk eksim ini banyak dijual bebas. Menurut dr. Tridia, ini menjadi masalah. Sebab, obat-obatan golongan steroid harusnya dikontrol (misalnya, hanya bisa diibeli dengan resep dokter). Karena dijual bebas, orang kerap membelinya dan melakukan terapi pengobatan sendiri, yang belum tentu benar. Dan bisa jadi dia mengulang-ulang terapi, yang sebenarnya bisa memberikan efek samping pada kesehatan kulit.

"Prinsipnya, kalau sudah diobati sendiri tapi tidak membaik atau kambuh lagi dan lagi, lebih baik berkonsultasi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat," tuturnya.

Bila gatal itu disebabkan alergi, terutama makanan, tentunya makanan penyebab alergi perlu dihindari. Jika penyebabnya adalah stres, tak perlu pantang makanan apa pun. Hanya, sebaiknya jauhi makanan yang memicu keringat, misalnya yang terlalu panas atau terlalu pedas. Karena, saat berkeringat, rasa gatal itu malah akan makin menjadi. (f)




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
POLING

Rentan Bullying
Menurut Anda bully adalah bentuk dari:

Melakukan kekerasan hanya secara fisik.
Mengumpat dengan kata-kata kasar atau membentak.
Menekan seseorang secara emosional.
Memberi tugas atau pekerjaan di luar batas.
Menghina atau memperolok.
Memandang remeh.
Mengabaikan.
Memanipulasi atau membohongi.
Memarahi terus-menerus.
Mengancam atau menakut-nakuti.
Kekerasan secara fisik dan emosional.
Topik Hari Ini
TOPIK Hari Ini
'Pamer' Si Kecil di Sosmed
Seberapa sering Anda memajang foto aktivitas anak Anda di media sosial?
KOMENTAR
27 May 2015 - NurlaeliUmar
Mengunggah foto ke media sosial, awalnya karena bangga dengan perkembangan dan prestasi anak. Tapi setelah melihat tayangan di televisi atas beberapa kasus penculikan oleh orang-orang yang berkenalan di media sosial, sedikit di batasi saja.
26 May 2015 - Rury Paurisca
Sebagai seorang bunda, tumbuh kembang anak menjadi yang utama, dan tentu saja moment yang menggemaskan itu tidak mungkin dilewatkan begitu saja. Hampir setiap hari saya pasti upload foto si kecil di sosial media (path, facebook, atau instagram) dan i ...
26 May 2015 - risyagroove
Alasan saya mungkin lebih karena ingin mengabadikan moment ya moms, selain itu juga cara untuk mengabari sodara dan sohib tentang si kecil dan dari situ kita bisa bertukar kabar ya moms, apalagi saya pindah jauh dari kota asal saya :D



Majalah Edisi 22 (30 Mei - 5 Juni 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 27 May 2015






  VIDEO