Kesehatan 

Jaga Kesehatan Mata!


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Jaga Kesehatan Mata! Femina
Dalam upaya menjaga kesehatan, pemeliharaan indra penglihatan sering kali menjadi anak tiri. Dengan kata lain, kondisi mata yang sehat dianggap sebagai sesuatu yang taken for granted, alias tidak perlu usaha apa pun untuk mendapatkannya. Pemeliharaan indra penglihatan pun akhirnya dianggap bukan perkara penting sampai ada masalah yang muncul di kemudian hari.

“Padahal, sama seperti organ tubuh lainnya, kesehatan mata juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan sehari-hari,” kata dr. Yunia Irawati, SpM., dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center. Sebagai contoh, pemakaian lensa kontak yang terlalu lama berisiko merusak kornea mata, yang bisa berujung pada kebutaan. Menu makan yang tidak sehat juga bisa memicu terjadinya stroke mata. Makanya, sayangi mata Anda dengan beberapa cara berikut ini.
  • Bersihkan daerah sekitar mata, terutama menjelang tidur. Penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian dalam mata tidak disarankan karena belum memiliki pembuktian dari segi klinis.
  • Lindungi mata dari sinar ultraviolet dengan menggunakan kacamata hitam. Paparan sinar ultraviolet pada mata bisa mengakibatkan penyakit katarak, penurunan fungsi retina, dan   kanker.
  • Jaga kebugaran tubuh. Kondisi fisik yang merosot merupakan gerbang masuk bagi berbagai jenis penyakit. Konsultasikan pada dokter apabila Anda memerlukan suplemen tambahan.
  • Biasakan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Kebiasaan ini ampuh memutus perpindahan kuman dari penderita sakit kepada Anda.
  • Jangan gunakan handuk, bantal, alat mandi, dan alat tulis yang sama dengan penderita sakit mata merah.
  • Jika memilih mengenakan lensa kontak, patuhi ketentuan pemakaiannya. Jangan dikenakan terus-menerus dan cucilah dengan cairan pencuci khusus yang steril.
  • Hindari berbagi peralatan make up dengan orang lain.
  • Jangan menyimpan obat tetes mata yang tidak habis digunakan dan jangan memakai obat tetes mata yang pernah digunakan oleh orang lain. Lebih baik Anda membeli obat tetes mata sekali pakai yang dikemas secara steril.
Nayu Novita (Kontributor - Jakarta)

Baca juga:
Kacamata Untuk Wajah Bulat






 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Kekerasan Seksual pada Anak Femina
TOPIK Hari Ini
Kekerasan Seksual pada Anak
Bagaimana Anda melindungi anak dari kekerasan seksual? Dan hukuman apa yang paling pantas untuk pelaku kekerasan ini?
KOMENTAR
17 Apr 2014 - yovita.smobile
Saat hendak melepas ank masuk dunia sekolah pertamakali,yaitu TK. Saya sudah memberitahu dan mengajarkan ke3 putra saya bahwa tubuh mereka harus mereka lindungi sendiri.Tidak ada yg boleh menyentuh tanpa ijinnya.Dan mrk boleh marah pada yg melakukann ...
17 Apr 2014 - mulyadewi
cukup sulit memang kita bisa mengawasi anak2 kita 24 jam penuh, walaupun kita sudah membekali mereka ilmu yang paling mudah ataupun yang paling canggih sekalipun, selama para pelaku yang psikopat itu belum musnah rasanya masih belum aman. tetapi h ...
16 Apr 2014 - wara
Pertama beri pengetahuan kepada anak mengenai alat kelamin, apa yang tidak boleh dan yang boleh berkaitan dengan alat kelaminnya, kedua, mengawasi setiap tingkah laku dan perkembangan anak, ketiga, mendorong pihak sekolah juga memberi pengetahuan yan ...



Majalah Edisi 16 (19 - 25 April 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 16 April 2014






  VIDEO