Kesehatan 

Gondok ‘Beracun’


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Gondok ‘Beracun’ Femina
Tanya: Adik saya (30) mengidap penyakit gondok beracun selama 1 tahun belakangan ini. Dia berobat ke dokter dan telah diberikan obat, namun gondok tersebut bertambah besar dan menimbulkan rasa nyeri ketika berbicara. Hasil pemeriksaan laboratorium adalah T3 (total) 7,63 (0,58-1,59), T4 (total) 40,02 (4,87-11,72). Pengobatan apa lagi yang harus dilakukan? Apakah gondok tersebut dapat hilang dengan tindakan operasi? 

Reni – Jakarta

Jawab: Istilah yang tepat bukan gondok beracun, tetapi tirotoksikosis, yaitu kelenjar gondok (tiroid) memproduksi terlalu banyak hormon tiroid sehingga muncul gejala hipertiroid. Gejalanya antara lain hipertensi, jantung berdebar lebih cepat dan lebih keras, tremor, sehingga perlu segera diobati. Caranya, dengan memberi obat antitiroid, yaitu antara propiltiourasil (PTU) atau metimazol. Biasanya, hal ini dapat terkontrol, meskipun ada jalan lain bila tak berhasil dan memang ada indikasi untuk dioperasi. Sebaiknya Anda kembali ke dokter dan biasanya penyakit ini ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam dengan keahlian khusus endokrin.  

Dr. Kartono Mohammad



 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Ada Narkoba di Balik Brownies Femina
TOPIK Hari Ini
Ada Narkoba di Balik Brownies
Apa yang Anda lakukan agar tidak kecolongan saat jajan atau membeli makanan?
KOMENTAR
18 Apr 2015 - herafina saragihmobile
Wah kaget bgt baca berita spt ini.. krn brownies itu kue kesukaan saya. koq bisa ya? masih tidak habis pikir saja. karena saya ingin terhindar dari narkoba ya saya puasa makan brownies dulu untuk sementara waktu. jika saya kangen makan brownies lebih ...



Majalah Edisi 16 (18 - 24 April 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 15 April 2015






  VIDEO