Kesehatan 

Cara Mengatasi & Mencegah Maag


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Cara Mengatasi & Mencegah Maag Femina
Gejala: Mual, nyeri ulu hati, kembung, muntah, rasa penuh atau cepat kenyang, dan sering bersendawa. Jenis maupun derajat keparahannya beragam. Sekitar 15%-30% orang dewasa pernah mengalami gejala ini dalam hidupnya.

Penyebab :  
  • Organik: Gangguan organ dalam tubuh, seperti ulcus pepticum (luka lambung) dan pancreatitis (radang pada pankreas).
  • Fungsional: Gangguan ini terjadi selama sedikitnya 12 minggu. Diketahui oleh dokter setelah melalui pemeriksaan klinis dan laboratorium.
  • Tanpa sebab yang jelas.
  • Sakit maag sering terkait dengan konsumsi makanan tertentu, seperti kopi, minuman beralkohol, makanan berlemak. Dapat juga disebabkan karena makan tidak teratur, stres, infeksi bakteri Helicobacter pylori, dan obat-obatan pereda nyeri dan antiradang (parasetamol, ibuprofen, natrium diklofenak). Meski begitu, belum ada studi yang membuktikan kebenaran hal ini.
  • Sakit maag secara medis lebih dikaitkan dengan produksi asam lambung berlebihan. Juga, terjadinya gangguan sel-sel yang melapisi bagian dalam lambung dan usus dua belas jari. Setiap kali produksi asam lambung atau kerusakan permukaan sel meningkat, terjadilah iritasi, yang muncul dalam bentuk rasa nyeri.
Atasi & cegah:
  • Dispepsia organik: Organ tubuh yang mengalami gangguan harus segera ditangani. Bahkan, bila yang terjadi adalah pankreatitis ‘kelas berat’, harus diatasi dengan operasi.
  • Dispepsia fungsional: Memperbaiki gaya hidup dengan makan teratur, mengurangi asupan kopi, makanan pedas, alkohol, mengurangi penggunaan obat-obatan pereda nyeri dan radang, serta antibiotik yang tidak perlu. Atasi stres dengan yoga, meditasi, dan melakukan hobi.
  • Bila semua tindakan itu tidak mampu mengatasi sakit, dokter meresepkan obat, yang variasinya tergantung dari cara kerjanya: penekan produksi asam lambung,  pelindung saluran cerna, dan lain-lain. (f)

Saat menerima resep dari dokter, pastikan dulu beberapa hal ini!




 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
Topik Hari Ini Jual Saja! Femina
TOPIK Hari Ini
Jual Saja!
Barang bekas apa yang masih Anda simpan di rumah?
KOMENTAR
17 Sep 2014 - Lilyana
Barang yang ingin saya jual adalah perlengkapan bayi. Saya punya 2 buah box bayi berukuran besar dan 1 buah stroller. Alasan saya ingin menjualnya karena ukurannya yang besar sehingga memakan space yg cukup besar di rumah, selain itu juga karena ...
17 Sep 2014 - naymawafa
OLX...bisa  jual kenangan masa lalu enggak?pengen aku buang jauh jauh neh...beneran kenangannya tuh novel dengan judul 5 cm sama gamis warna pink. pengen aku buang jauh jauh hiks tapi kalau aku jual di olx khan ada nilai rupiahnya khan lumayan b ...
17 Sep 2014 - santitobing
Saya termasuk pecinta barang-barang second but new. Selain kualitas barangnya yang masih bagus, bahkan banyak yang cuma sekali pakai, harganya juga nggak mencekik seperti membeli baru.Akan tetapi kebanyakan membeli barang second juga bikin saya pusin ...



Majalah Edisi 37 (20 - 26 September 2014) Femina  Edar 
Wednesday, 17 September 2014






  VIDEO