Kesehatan 

Agar Organ Intim Selalu Sehat


 
Rating Pembaca
 
Beri Rating Artikel ini

Agar Organ Intim Selalu Sehat Femina
Organ kewanitaan ini memiliki fungsi yang sangat istimewa. Agar kesehatannya tetap terjaga, tentunya ia juga butuh perawatan yang istimewa. Namun ternyata, tidak semua perlakuan istimewa kita berdampak baik Supaya tidak salah rawat, simak saran dr. Dewi Prabarini, SpOG dari RS Puri Cinere, Depok, Jawa Barat, tentang 7 penggunaan benda-benda di organ kewanitaan.

1. Pantyliner
Penggunaan sehari-hari tidaklah perlu. Benda ini dianjurkan hanya dipakai untuk beberapa hari (dengan menggantinya setiap hari), persisnya sebelum dan sesudah menstruasi. Negara kita tergolong tropis, jika vagina terus ditutupi, kelembapannya akan meningkat, sehingga rentan terhadap timbulnya infeksi, terutama jamur.

2. Cairan pembersih vagina
Tidak perlu setiap hari, cukup 2-3 hari sekali. Tapi, kalau terjadi masalah, seperti keputihan, boleh dipakai 2 kali sehari. Sebelum digunakan, sebaiknya diencerkan dengan air terlebih dahulu. Pilih yang memiliki pH atau derajat keasamannya sesuai dengan vagina, yaitu 3,5.
 
3. Sabun mandi biasa
Tanpa sadar, setiap mandi kita menggosok organ kewanitaan dengan sabun mandi biasa. Hindari kebiasaan ini, karena pH sabun mandi dan vagina berbeda derajat keasamannya. Yang perlu Anda tahu, pH sabun mandi biasa terlalu tinggi  (basa), sehingga dapat mengganggu kehidupan ‘kuman baik’ yang melindungi vagina.
 
4. Pembalut wanita
Pembalut yang baik adalah yang permukaannya tetap kering, meski telah terisi darah haid. Biasanya, terbuat dari bahan film, bukan kertas. Jika darah yang keluar sedang banyak-banyaknya, pembalut perlu diganti 1-2 jam sekali. Setelah masa-masa ini lewat, boleh diganti 3-4 jam sekali.  

5. Celana dalam sekali pakai
Selain digunakan saat menjalani perawatan tubuh di spa, celana dalam berbahan seperti kertas ini sering kita bawa saat traveling.  Tapi, hanya boleh dipakai selama beberapa hari. Sebaiknya ganti dengan celana berbahan katun saat tidur di malam hari.

6. Celana dalam
Pilih dari bahan katun yang lembut dan berpori sehingga tidak menyebabkan iritasi. Karena, celana dalam ini melekat kuat dan menempel pada tubuh, termasuk organ kewanitaan. Agar vagina tetap kering dan nyaman, ganti minimal 2 kali sehari. Dan ganti lebih sering saat Anda merasa lembap atau mengalami keputihan.

Prillia Herawati

Baca juga:

Waspada Infeksi Saluran Kemih



 
 
  > KOMENTAR
 
  Tulis Komentar Forum
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
K I R I M  
 
POLING

Rentan Bullying
Menurut Anda bully adalah bentuk dari:

Melakukan kekerasan hanya secara fisik.
Mengumpat dengan kata-kata kasar atau membentak.
Menekan seseorang secara emosional.
Memberi tugas atau pekerjaan di luar batas.
Menghina atau memperolok.
Memandang remeh.
Mengabaikan.
Memanipulasi atau membohongi.
Memarahi terus-menerus.
Mengancam atau menakut-nakuti.
Kekerasan secara fisik dan emosional.
Topik Hari Ini
TOPIK Hari Ini
'Pamer' Si Kecil di Sosmed
Seberapa sering Anda memajang foto aktivitas anak Anda di media sosial?
KOMENTAR
27 May 2015 - NurlaeliUmar
Mengunggah foto ke media sosial, awalnya karena bangga dengan perkembangan dan prestasi anak. Tapi setelah melihat tayangan di televisi atas beberapa kasus penculikan oleh orang-orang yang berkenalan di media sosial, sedikit di batasi saja.
26 May 2015 - Rury Paurisca
Sebagai seorang bunda, tumbuh kembang anak menjadi yang utama, dan tentu saja moment yang menggemaskan itu tidak mungkin dilewatkan begitu saja. Hampir setiap hari saya pasti upload foto si kecil di sosial media (path, facebook, atau instagram) dan i ...
26 May 2015 - risyagroove
Alasan saya mungkin lebih karena ingin mengabadikan moment ya moms, selain itu juga cara untuk mengabari sodara dan sohib tentang si kecil dan dari situ kita bisa bertukar kabar ya moms, apalagi saya pindah jauh dari kota asal saya :D



Majalah Edisi 22 (30 Mei - 5 Juni 2015) Femina  Edar 
Wednesday, 27 May 2015






  VIDEO