Sebagai anak baru di kantor, sering kali mendapat limpahan pekerjaan tambahan oleh teman satu tim maupun pimpinan. Keuntungannya, jadi pengalaman kerja yang lebih lama dibandingkan sebagian besar anggota tim. Bagaimana cara memupuk respek dari rekan kerja yang lain?
"Menjadi anak baru dan dilimpahi pekerjaan tambahan memang menyita waktu dan tenaga. Namun, hal ini bisa menjadi sarana untuk memahami budaya di kantor baru, mendekatkan diri dengan rekan kerja, sekaligus kesempatan menunjukkan kemampuan Anda," ujar Gloria Dewi C. Pangaribuan dari Experd Consultant
Selama tugas-tugas itu masih bisa dikerjakan dan tidak mengganggu pekerjaan utama, kerahkan kemampuan Anda secara optimal. Sementara itu, apabila limpahan tugas sudah dirasa berlebihan dan mengganggu kinerja, Anda dapat bersikap asertif dan dengan sopan menolaknya.
Di lain pihak, walaupun sudah memiliki pengalaman sebelumnya, jangan ragu untuk melibatkan rekan kerja maupun atasan dalam diskusi. Bersikap terbuka dan tak malu bertanya akan membuat rekan kerja merespons positif kehadiran Anda sebagai anggota baru di kantor. Tetap rendah hati dan berikan kontribusi terbaik Anda, sehingga rekan kerja, atasan, hingga klien secara bertahap akan menaruh rasa hormat dan percaya pada Anda. (f)