Konsultan karier Eda Arthaputri dari EXPERD Consultant mengatakan bahwa mendapatkan surat peringatan dari kantor memang hal yang kurang menyenangkan. Namun, harus Anda ingat bahwa pemberian surat peringatan bukanlah bentuk arogansi perusahaan, melainkan untuk melihat kesungguhan Anda sebagai seorang karyawan.
"Ketika Anda mendapatkan teguran tertulis tersebut, jadikanlah hal ini sebagai refleksi diri Anda dan pembelajaran agar hal tersebut tidak terulang lagi. Selain itu, yang terpenting adalah jangan sampai Anda kehilangan motivasi, yang justru akan mengganggu kinerja Anda," tekan Eda.
Surat peringatan ini hendaknya bisa membuat Anda termotivasi untuk membuktikan kemampuan diri Anda yang sebenarnya. Buktikan kepada perusahaan bahwa Anda masih bersungguh-sungguh dan memang masih pantas untuk bekerja di sana. Bersikaplah profesional dan tunjukkanlah kinerja terbaik Anda.