Food Review
Patin Bakar Dalam Bambu

25 Jul 2011

Sudah cukup lama, Pondok Ikan Bakar Kalimantan, yang terletak di kawasan Cimanggis (200 m dari pintu tol Cimanggis), menawarkan sajian unik khas Kalimantan Barat, Patin Bakar Bambu. Menu ‘tak biasa’ ini pun telah berhasil merebut hati para penggemar ikan di wilayah Cimanggis dan sekitar. Buktinya, saat femina datang, pemandangan serupa terlihat hampir di setiap meja tamu yang saat itu sedang makan, yaitu sebilah bambu yang dibelah dua dengan diameter 8 - 10 cm dan panjang sekitar 40-an cm, berisi ikan patin yang nyaris ‘terkubur’ dalam bumbu halus berwarna oranye kemerahan. Itulah menu yang berjudul: Ikan Patin Bakar Bambu. Wanginya, hmm....

Kalau ingin mencicipi hidangan ini, sebaiknya Anda jangan datang seorang diri. Ukuran ikan patinnya cukup besar dan bumbu yang menyelimutinya pun berlimpah. Cita rasanya mirip-mirip bumbu dasar untuk pepes dan aroma bakar sayup-sayup tercium dalam setiap suapan. Daging ikan patinnya tebal dan lembut. Aroma daun pisang pembungkusnya pun ikut menyumbangkan aroma yang khas. Sambal penyertanya ada 3 macam, terdiri dari sambal mangga, sambal rawit dan tomat iris (mirip dabu-dabu), dan sambal tomat.

Seberat 800 g ikan patin yang femina cicipi saja, mungkin bisa untuk 4 - 6 orang! Belum lagi tawaran dari menu lain yang tak kalah menggiurkan, seperti Ikan Teri Balado Petai, Sup Ikan Gurame, Gurame Masak Taoco, dan Udang Goreng Mentega yang dinikmati dengan nasi putih pulen. Plus, lalapan, tumis kangkung, atau sayur asam (warna kuahnya merah menyala, tapi rasanya tidak pedas) yang jadi pilihan sayur, pelengkap acara santap Anda.

Es Kelapa Jeruk jadi minuman jawara di tempat ini. Disajikan dalam gelas besar plus es batu yang ditempatkan dalam wadah terpisah. Daging kelapanya pas, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua (keras). Ditemani angin sepoi-sepoi yang menyapa, es kelapa ini terasa  makin nikmat!

Lokasi: Jl. Raya Tapos No. 1, Cimanggis. Telp: (021) 8751395, 8762217. Harga*): makanan Rp8.000 – Rp110.000 (untuk ikan patin bakar bambu per kg) minuman Rp5.000 – Rp35.000. Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30 – 19.00 WIB. Suasana: Rumah makan dengan beberapa bale-bale bambu dan saung, seperti kuring-kuringan khas Sunda.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?