Home Interior
Tabebuya, Bunga Yang Viral di Surabaya Ini Juga Cocok Ditanam di Taman Rumah

29 Nov 2018


Dok: Instagram @wahyuwede


Baru-baru ini jalan protokol di Surabaya punya warna yang berbeda. Pohon Tabebuya yang ditanam di sepanjang ruas jalan di kota yang dipimpin Walikota Tri Rismaharini ini tengah berbunga cantik. Warna pink-nya membuat bunga ini mirip dengan bunga Sakura, mengubah wajah ibu kota Jawa Timur ini seperti kota-kota di Jepang. Komentar tersebut muncul dari para netizen yang melihat dan mengagumi kemunculan serempak bunga Tabebuya di Surabaya.

Keindahan Tabebuya yang mendadak viral membuat banyak orang mencari tahu tentang Tabebuya, pohon yang banyak ditanam di trotoar di berbagai daerah di Indonesia. Tabebuya yang memiliki nama latin Chrysotricha ini adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil. Orang memang kerap menyebut tanaman ini sebagai bunga sakura, karena kemiripan keduanya.

Salah satu video dari warga Surabaya yang memperlihatkan keindahan pohon Tabebuya bahkan menggambarkan kelopak-kelopak bunga yang berguguran, tak kalah cantik dengan musim Sakura di Jepang.

Tanaman Tabebuya memiliki berbagai spesies dengan warna bunga yang berbeda-beda, seperti putih, pink muda, kuning, kuning-oranye, magenta, pink tua, dan merah. Motif garis warna ungu di dalam bunga. Di Indonesia spesies pohon Tatebuya yang banyak ditemui adalah yang berbunga kuning terompet dan bergerombol.

Umumnya, pohon Tatebuya berbunga di penghujung musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Tapi, sekarang ini musim pembungaan dapat diatur dengan manipulasi pola pemupukan. Tabebuya termasuk jenis pohon besar yang cocok ditanam di daerah kering dan tropis.

Pemeliharaan yang mudah membuat tanaman ini cocok untuk mempercantik pekarangan rumah. Selain tidak perlu disiram secara teratur, tanaman ini hanya membutuhkan pemangkasan untuk tangkai yang mati dan rusak. Selain itu, daunnya juga tidak mudah rontok, dan akarnya tidak merusak rumah. Pohon ini hanya perlu banyak pencahayaan dari matahari secara langsung.

Pohon Tatebuya termasuk pohon yang memiliki fungsi untuk meneduhkan pekarangan rumah karena daunnya yang rimbun melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Sebagai tanaman hias, pohon Tabebuya akan mempercantik halaman rumah saat bunga-bunganya bermekaran.

Manfaat lain dari menanam pohon Tabebuya di pekarangan rumah adalah membantu membuat udara sekitar rumah menjadi lebih bersih. Karena pohon ini berfungsi menyerap polusi udara di lingkungan rumah. Bunganya yang berguguran diakhir musim, juga bermanfaat sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman.

Tertarik menanam pohon Tabebuya di pekarangan rumah? Sekarang ini sudah banyak penjual tanaman yang menjual bibit pohon Tatebuya, bahkan secara online. Selamat hunting pohon Tabebuya. (f)

Baca Juga: 
Tren Bisnis Tanaman Hias
Wijaya Kusuma, Bunga Yang Dikagumi Keindahannya di Film Crazy Rich Asians
Segarkan Meja Jamuan Pesta Anda Dengan Tropical Style




 



Faunda Liswijayanti


Topic

#tanamanhias, #tatebuya, #bungatatebuya

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.