Health & Diet
Inilah Gejala Awal Kanker Lidah yang Perlu Anda Waspadai

9 Aug 2017


Foto: Fotosearch

Akhir pekan lalu, netizen dibuat trenyuh oleh cerita Rezy Selvia Dewi di akun facebook-nya saat menemani suaminya yang terkena kanker lidah, dari mulai pertama kali gejala tampak dalam bentuk sariawan hingga akhirnya sang suami, Andre Kurnia Farid meninggal dunia. Cerita yang dibagikan hingga ratusan ribu orang kali ini seperti menyentak  kesadaran banyak orang akan penyakit kanker lidah ini.
 
Menurut situs cancerresearchuk.org, lidah memiliki dua bagian: bagian oral dan bagian dasar lidah. Bagian oral yaitu bagian yang bisa kita lihat saat kita menjulurkan lidah ke orang lain.
 
Secara anatomi, ini adalah dua per tiga bagian lidah dari arah depan. Kanker yang berkembang di bagian ini merupakan bagian dari grup kanker yang kita sebut kanker mulut (oral cancer).
 
Sedangkan bagian dasar lidah adalah satu per tiga bagian lidah bagian belakang. Bagian ini sangat dekat dengan tenggorokan, dan kanker yang berkembang di daerah ini disebut oropharyngeal cancer.
 
Berikut ini gejala kanker lidah yang harus diwaspadai:
 
1/ Bercak merah atau putih di lidah yang tidak sembuh-sembuh.
2/ Sakit tenggorokan terus menerus dan sulit sembuh.
3/ Ulcer atau bisul di lidah yang juga tidak sembuh-sembuh.
4/ Sakit saat menelan.
5/ Mulut terus menerus terasa mati rasa atau baal.
6/ Lidah tiba-tiba mengalami pendarahan tanpa tahu sebabnya, dan dalam hal ini bukan disebabkan karena lidah tergigit atau luka karena sebab yang lain.
7/ Kadang-kadang juga mengalami sakit di bagian telinga.
 
Yang harus disadari juga, semua gejala ini juga bisa terjadi karena kondisi tubuh yang tidak sehat. Karena itu, bila mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya Anda segera pergi ke dokter. (f)
 
Baca juga:
Ingin Menghindari Kanker? Coba Menu-Menu Sehat Berikut

Sakit Gigi dan Gusi Jadi Gerbang Penyakit Lain
5 Cara Atasi Bau Mulut
Penyebab Gusi Bengkak dan Berdarah

Yoseptin Pratiwi


Topic

#Kanker, #KankerLidah