Health & Diet
4 Musuh Utama Gigi

22 Feb 2017


Foto: Fotosearch

Setuju, dong, dengan pernyataan gigi menjadi salah satu penunjang rasa pede kita? Bayangkan kalau gigi kita rusak, mau senyum aja rasanya malaaaaaas banget—malu, sih! Nggak heran, deh, kalau banyak orang rela mengeluarkan uang banyak untuk perawatan gigi. Nah, sebelum gigi kita telanjur rusak dan bikin gaji bulanan habis untuk biaya ke dokter, mending hindari empat kebiasaan yang bisa merusak gigi, seperti…
 
1/ No Horizontal
Kalau kita sering menggosok gigi ke arah kanan dan kiri alias horizontal, mulai sekarang stop kebiasaan itu. Gesekan sikat gigi secara horizontal bisa bikin lapisan email atau enamel gigi kita terkikis. Akibatnya, gigi menjadi rapuh dan mudah terserang infeksi. Lebih baik, ikuti cara menyikat yang dianjurkan dokter, yaitu ke atas dan ke bawah (vertikal).
 
2/ Bahaya Buah
Berdasarkan penelitian King’s College London-The Dental Institute, makan empat buah apel sehari bisa merusak gigi. Penyebabnya, unsur karbonasi apel sangat tinggi—melebihi minuman bersoda. Jika kita memakannya secara perlahan, tingkat keasamannya bisa menyebabkan kerusakan dentin atau tulang gigi. Jadi, pastikan kita nggak terlalu lama mengunyahnya, ya.
 
3/ Bukan Camilan
Punya kebiasaan menggigiti kuku? Duh, kudu dihentikan kalau nggak mau gigi dan gusi kita jadi korban. Soalnya, kebiasaan ini bisa membuat akar gigi mengalami perubahan bentuk yang akhirnya menyebabkan radang gusi. Dengan menggigit kuku, kita juga memberikan kesempatan kepada bakteri dan kuman buat masuk ke rongga mulut. Akibatnya, gusi kita rentan infeksi. Saatnya cari camilan lain aja, deh!
 
4/ Hosh.. hosh...
Dalam kondisi ngos-ngosan setelah berolahraga atau bekerja keras, biasanya kita akan refleks bernapas dengan mulut. Memang, sih, rasanya lebih lega dibanding bernapas dengan hidung. Namun, jika terlalu sering kita lakukan—dalam waktu yang lama pula—air liur di rongga mulut bisa berkurang. Padahal, air liur, kan, berfungsi menjaga lapisan gigi supaya nggak gampang busuk. (f)


Baca juga:
5 Trik Mudah Dapatkan Gigi Sehat
5 Cara Mudah Mengajarkan Kebiasaan Menggosok Gigi pada Anak
Waspadai 5 Penyakit Akibat Gigi!

 


Fanny Indriawati


Topic

#gigi

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.