Health & Diet
3 Tanda Anda Kurang Gizi

14 Aug 2018


Foto: 123RF
 
Menurut ahli gizi dan dosen di Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc., masyarakat saat ini masih memiliki masalah malnutrisi. Defenisi malnutrisi di sini adalah salah gizi. Artinya, bisa kurang atau kelebihan gizi. Kedua kondisi inilah yang sedang dihadapi oleh masyarakat kita, baik yang berada di daerah urban maupun rural.
 
Bahkan di wilayah DKI Jakarta masih banyak kasus gizi kurang, walau relatif lebih sedikit dibandingkan dengan angka nasional dan provinsi lain. Sedangkan masyarakat yang kelebihan gizi, DKI Jakarta menempati urutan tiga terbesar. Sementara urutan pertama adalah Provinsi Sulawesi Utara dengan prevalensi sekitar 24 persen.
 
Terjadinya malnutrisi sangat erat kaitannya dengan perilaku serta pengetahuan masyarakat. Masyarakat perkotaan sangat mudah mendapatkan fast food yang banyak mengandung lemak, natrium, dan karbohidrat, namun, kurang vitamin dan serat yang bersumber dari buah dan sayur.
 
Menurutnya pengetahuan masyarakat tentang asupan nutrisi dan jenis-jenis makanan yang mengandung gizi yang tepat masih sangat kurang. Bahkan, masyarakat kita cenderung cuek untuk hal ini. Tak peduli soal nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Yang penting kenyang atau terlihat gaya.
 
“Sebagian besar masyarakat kita masih kurang mendapatkan asupun gizi harian, yakni 70 persen dari asupan yang dianjurkan,” ungkapnya.

Apakah Anda termasuk kurang gizi? Perhatikan ciri berikut:

# IMT (indeks massa tubuh) kurang dari 18,5. Cara menghitungnya, berat badan dibagi tinggi badan (dalam meter) kuadrat.
# Lingkar lengan atas (LILA) kurang dari 23,5 cm. Kondisi ini merupakan pertanda wanita menderita kurang energi kronis (KEK).
# Anemia, ditandai dengan kurang konsentrasi, letih, pusing, mudah lelah, pucat, serta area putih pada mata (konjungtiva) berwarna pucat. (f)

Baca Juga:

Banyak Diderita Anak, Ini Gejala Anemia yang Harus Diwaspadai Orang Tua
Pentingnya Bebaskan Remaja Putri Dari Anemia
4 Kesalahan Diet Wanita Karier Menurut Dokter Tan Shot Yen

Desiyusman Mendrofa


Topic

#kesehatan, #nutrisi

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.