Gadget
5 Fakta tentang Clova, Asisten Virtual yang akan Dirilis oleh LINE dan Naver

7 Mar 2017


Foto: Dok. LINE Indonesia

Ingin memiliki pendamping yang bisa Anda ajak berbincang mengenai berbagai hal seperti cuaca atau berita mengenai suatu kejadian? Atau butuh asisten yang bisa mengatur cahaya dan aspek lain di dalam rumah? Kalau dulu, Anda membutuhkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, ke depannya, hal-hal tersebut bisa dilakukan oleh asisten virtual bernama Clova. Berikut adalah lima fakta tentang Clova yang femina terima dari siaran pers LINE Indonesia.
 
1. Clova yang merupakan singkatan dari Cloud Virtual Assistant merupakan hasil kolaborasi antara LINE dan NAVER Corporation, portal pencarian terkemuka di Korea. Platform AI (Artificial Intelligence) terbaru ini menjadi langkah besar dalam pendampingan digital. Clova akan menekankan pada level naturalisme, fungsi, dan interkoneksi yang tidak hanya memiliki kemampuan untuk mengubah hubungan seseorang dengan teknologi tapi juga mengubah hidup pengguna itu sendiri.
 
2. Takeshi Idezawa, CEO LINE Corp menjelaskan bahwa kecanggihan dan kegunaan dari Clova ditemukan berdasarkan empat kekuatan, yaitu terknologi berbasis chat dari LINE, teknologi pencarian dari NAVER, berbagai layanan dan konten yang kaya dari LINE dan NAVER, serta big data yang di akumulasi dari pengguna LINE dan NAVER yang luas.
 
3. Pada inti dari Clova terdapat otak dan berbagai macam sensor yang mutakhir. Clova Interface serupa dengan indera manusia, dengan Clova Voice menjadi mulutnya dan Clova Vision sebagai matanya. Bersama-sama, Clova Interface memungkinkan Clova untuk mengenali suara, wajah, gerakan, dan lainnya, sehingga dapat memahami masukan dari dunia nyata.
 
4. Masukan-masukan tersebut akan digabungkan oleh Clova Brain. Clova Brain juga akan mengakses database LINE yang besar dan dalam untuk mengoptimalisasi berbagai konten dan layanan dari LINE. Tidak hanya untuk menghubungkan perintah suara dengan konten dan layanan pada jaringan cloud, Clova Brain juga mengoptimalisasi konten dan layanan tersebut untuk menciptakan pengalaman pengguna yang harmonis dan optimal. Bersama dengan elemen-elemen seperti pemahaman bahasa, neural machine translation, dan recommendation engine, komponen-komponen ini memungkinkan Clova untuk berinteraksi dengan pengguna dengan bahasa yang realistis, memahami pertanyaan yang rumit, dan menciptakan rekomendasi yang mutakhir.
 
5. Produk integrasi Clova pertama – Clova App dan Smart Speaker Wave – dijadwalkan akan debut di Jepang dan Korea pada awal musim panas, dan akan segera diperluas ke wilayah tempat LINE beroperasi lainnya dan seluruh dunia. Wave adalah inti dari bagaimana orang akan berinteraksi dengan asisten vitual mereka. Pengguna dapat berbicara kepada Wave dan menggunakannya untuk melakukan percakapan natural dengan Clova, mengenai berbagai informasi – seperti cuaca, kalender, berita, dan belanja – atau mengatur cahaya dan aspek lain di rumah mereka. Pengguna juga dapat menggunakan Wave untuk mendengarkan musik, buku audio, dan berbagai konten lainnya. (f)

Baca Juga:


Topic

#LINE

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?