Food Trend
Tak Hanya Rujak atau Soto, Ada Juga Rujak Soto dari Banyuwangi

12 Aug 2017


Foto: Dok. Femina

Rujak dan soto lekat sebagai makanan khas Indonesia. Pernah terpikir jika keduanya digabung? Ini yang ada di Bangyuwangi, Jawa Timur, ada yang yang namanya rujak soto.
 
Tidak ada yang berubah dari keduanya. Rujak sayur ini menggunakan campuran sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, genjer dan tauge, potongan lontong, tempe dan tahu goreng serta mentimun.
 
Setelah semuanya ditata dalam piring saji, isi sayuran dikucuri saus kacang bercampur petis udang, pisang batu, dan bumbu-bumbu lain. Lalu kuah soto ayam atau jeroan sapi disiram beserta dagingnya. Perpaduan cita rasa gurih, manis, dan pedas dalam satu suapan ini membuahkan sensasi yang unik.
 
Jika sedang berkunjung ke Banyuwangi, sambangi warung rujak soto Mbok Ijah yang sudah berdiri sejak 1995. Lokasinya yang persis di sebelah kantor Kabupaten Banyuwangi di Jalan Borobudur menjadikan warung ini terkenal dengan sebutan Rujak Soto Pemda.  
 
Saking enaknya, kedai ini juga berhasil menyabet juara satu dalam festival rujak soto se-Banyuwangi beberapa tahun lalu. (f)
 
Baca juga:
7 Negara dengan Tradisi Minum Teh
Tren Gaya Makan Churrasco, Sudah Coba?
Jangan Tinggalkan Bangkok Tanpa Mencoba Jajanan Ini!
 

 


Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#RujakSoto, #Kuliner, #Banyuwangi, #WisataKuliner