Food Trend
Makan Siang di Singapura Lebih Murah daripada di Jakarta. Benarkah?

11 Oct 2018


Foto: Shutterstock
 
Baru-baru ini, santer terdengan isu bahwa makan siang di Jakarta lebih mahal daripada makan siang di Singapura. Banyak komentar-komentar yang berseliweran di dunia maya menanggapi pernyataan ini.

Tapi, benarkah statement yang menghebohkan ini? Daripada penasaran, yuk kita bandingkan harga-harga makanan di dua tempat ini!

Di Singapura, nasi lemak yang kerap dijadikan sebagai makanan sehari-hari banyak dijajakan. Di Jakarta, nasi lemak ibaratnya pecel ayam. Ditulis oleh hunggrygowhere.com yang dalam artikel ‘9 Best Nasi Lemak in Singapore’, sepiring nasi lemak yang terdiri dari nasi uduk, ayam goreng. kering ikan bilis, dan sambal belacan, dihargai SG$3.5 (Rp.38.000). Harga ini merupakan harga seporsi nasi lemak di kedai Boon Lay Power Nasi Lemak, di daerah Boon Lay yang merupakan daerah perumahan, bukan daerah perkantoran. Bisa dibayangkan,  bersantap siang di daerah perkantoran pasti mengeluarkan biaya lebih.

Ata Furchan, seorang executive di Jakarta yang lama bermukin di Singapura sebagai mahasiswa dan pekerja, mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk makan siang pekerja level menengah di Singapura sekitar SG$5 - SG$8 (Rp55.000 – Rp88.000). Kisaran harga ini adalah harga makan siang di kantin kantor.

Jika pilihan makan siang jatuh pada restoran fast food seperti Kentucky Fried Chicken, McDonald’s, dan Burger King, harga untuk paket seorang (KFC: 2 ayam, mashed potato, minuman soda) saat ini dihargai SG$ 8.7 (Rp.96.000)


Foto: kfc.com.sg

Nah, sekarang kita tengok di Jakarta. Seandainya karyawan level menegah sedang ingin makan yang sedikit mewah seperti makanan Padang di Restoran Sederhana, harga yang perlu dibayar sebesar Rp25.300. Harga ini adalah paket nasi rames dengan lauk favorit gulai ayam atau rendang dengan sayuran, sambal dan kuah gulai.

Femina juga menanyakan beberapa koresponden untuk menanyakan pengeluaran harian makan siang di kantor mereka. Neneng Chairiah, PNS, menyebutkan bahwa umumnya ia mengeluarkan Rp25.000 – Rp35.000 untuk makan siang di kantin kantornya.


Foto: IA

Lain lagi dengan Wiji Wulandari yang kebetulan tidak ada kantin di gedung tempat ia bekerja. “Kalau makan nasi padang di food court gedung, harganya Rp28.000. Sudah dengan ayam atau rendang.”

Mau makan fast food? Yuk tengok menu paket di KFC Jakarta. Untuk paket Combo Meal yang terdiri dari 2 ayam, nasi, dan minuman soda, dihargai Rp46.000.
 

Foto: KFC Indonesia

Nah, dari perbandingan di atas, pastinya kita bisa menilai kebenaran isu ini. Bagaimana menurut Anda?

Baca juga:
Hanya 30 Ribu-an, Pilihan Makan Siang Enak Temuan Editor Femina!
Foodhub, Pilihan Tempat Makan Siang Baru di Kuningan, Jakarta
Bolu Tempe dan Burger Tempe dari Kedelai Non GMO. Hanya Ada di 2 Tempat Ini!
 

Isyana Atiningmas


Topic

#makansiang, #foodtren

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.