Food Trend
10 Jenis Durian yang Bisa Anda Temukan di Indonesia (Part 1)

15 Jul 2017


Foto: Dok. Yearofthedurian
 
Durian, ‘either you love it or you hate it’ begitulah kata orang-orang ketika menikmati buah yang dijuluki raja buah ini. Ada yang menganggapnya sebagai buah lezat, namun ada juga yang mencium baunya saja enggan, apalagi memakannya.

Di Indonesia peminat buah ini bisa dibilang cukup banyak, bahkan durian memiliki jenis beragam yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
 
1/ Durian Otong (Parung, Bogor)
 Dikenal juga sebagai durian mon thong di Thailand. Buahnya memanjang dengan bagian ujung dan pangkal meruncing.

Warna kulit kekuningan, durinya berbentuk kerucut, berukuran kecil, dan agak rapat. Berat buah 2-4 kilogram. Dagingnya tebal, kering, tekstur halus dan beraroma tajam namun rasanya manis.
 
2/Durian Sitokong (Karang Intan, Kalimantan Selatan)
Bentuk bulat dengan warna hijau kekuningan. Duri berbentuk kerucut , tumpul, dan susunan rapat. Berat buah 1 ½ - 2 ½ kg. Warna daging buah kuning mengilap, tebal 1.2 cm, tekstur halus, agak lembek, harum, dan manis gurih.
 
3/ Durian Tembaga (Kampar, Kepulauan Riau)
Bentuk bulat sempurna dengan duri berbentuk lancip, langsing, dan rapat. Berat buah 2-3 ½ kg. Daging buah berwarna jingga seperti tembaga, sangat tebal, berlemak, tekstur halus, sangat harum, dan sangat manis.
 
4/ Durian Bokor (Majalengka , Jawa Barat)
Dikenal juga sebagai durian aden. Buahnya berbentuk bulat panjang dengan warna kulit hijau kekuningan. Duri kulit buahnya besar dan tersusun jarang. Berat mencapai 3-4 kg. Warna daging kuning dan rasanya sedikit manis.
 
5/ Durian Matahari (Cimanggu, Bogor)
Buahnya bulat panjang dengan warna kulit hijau kecokelatan dan tebal 0,5-1cm. Durinya besar, runcing , jarang, dan bengkok. Berat buah 2-3.5 kg.

Daging buah tebal, kering, berlemak, tekstur halus, aroma tidak tajam, dan manis. (f)

Baca Juga:
Resep Durian Mousse
Resep Tempura Durian


Daniel Marpaung


Topic

#InfoKuliner

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?