Fashion Trend
Ketika Dunia Ramai-Ramai Melirik Modest Wear

4 Dec 2018


Foto: Shutterstock

Modest wear atau diterjemahkan secara bebas sebagai busana santun menjadi salah satu tren dunia saat ini. Modest wear tidak hanya terbatas pakaian muslimat bagi mereka yang mengenakan hijab, namun meluas pada kategori busana yang lebih bersahaja, berpotongan longgar dan lebih tertutup. Modest wear diterima oleh pasar yang lebih luas, bahkan tampil di runway pagelaran mode dunia.
 
Pada peragaan busana Fall/Winter 2018 Milan Fashion Week dari brand internasional, Gucci mencuri perhatian karena dari rangkaian pergelaran ini, terselip beberapa model yang mengenakan scarf sebagai penutup kepala. Terlihat seperti seorang wanita yang mengenakan hijab.
 
Tidak hanya itu, deretan baju dengan style layering (bertumpuk) dan tertutup juga cukup mendominasi. Salah satunya, seorang model yang mengenakan printed scarf sebagai penutup kepala sebagai pelengkap printed maxi dress.
 
Rumah mode internasional sekelas Dior, Versace, Marc Jacob, dan Lanvin sejak setahun terakhir juga ramai mengeluarkan hair scarf fashion dalam koleksi fall/winter 2018 selama pekan mode di New York, London, Milan, dan Paris. Walaupun tidak disebut sebagai hijab, penggunaan scarf di kepala ini bisa menjadi inspirasi untuk para pengguna hijab. Lanvin Fall 2018 di Paris misalnya, menampilkan beberapa potong busana dengan hijab berwarna jingga yang semarak yang menuai komentar positif. Lanvin memang tidak membuat hijab dalam tampilan high fashion, tetapi memasukkan unsur hijab sebagai pelengkap penampilan dan memungkinkan para model menampilkan modest wear.
 
Sebelumnya, akhir tahun 2017, Marc Jacobs juga turut meramaikan pasar modest fashion dengan mengeluarkan koleksi ready to wear spring 2018 di New York Fashion Week. Koleksi Marc Jacobs hadir dengan gaya lebih wearable dan mudah dipadupadankan, seperti pakaian oversized pada track pants dan dress, cardigans, coats, dan jumpsuit. Warna vibrant dan gaya retro mewarnai koleksi musim semi yang nyaman dikenakan oleh wanita muslim dengan gaya modern. Untuk menutupi kepala, turban menjadi pilihan, yang dibentuk dengan tampilan penuh gaya, tetapi tetap tertutup dengan tambahan turtle neck.
 
Setahun sebelumnya, Dolce & Gabbana telah meluncurkan koleksi modest fashion di atas panggung mode internasional. Koleksi Dolce & Gabbana untuk musim gugur tahun 2017 terdiri atas abaya dan hijab. Target pasar yang ditujukan pada daerah Middle East ini merupakan cara Dolce & Gabbana untuk memperbesar pasar dalam pakaian mewah. Motif floral print, color, animal print, full-length coats, dan abaya hitam pun menjadi deretan busana yang ditampilkan oleh desainer asal Italia tersebut.
 

Faunda Liswijayanti


Topic

#fashiontrend, #modestwear, #modestfashion

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.