Celebrity
Reza Rahadian Jadi Aktor Indonesia Pertama yang Raih Penghargaan Best Actor di Asia Pacific Film Festival

9 Aug 2017


Dok. Agustina Selviana / Femina
 

Aktor Reza Rahadian baru saja terpilih menjadi Aktor Terbaik di ajang Asia Pacific Film Festival 2017 yang diadakan akhir Juli lalu di Phnom Penh, Kamboja.

Narator untuk film dokumenter Banda: The Dark Forgotten Trail versi Bahasa Indonesia itu berhasil mengalahkan nominator-nominator lain dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik berkat aktingnya dalam film biopik, Rudy Habibie. Ia pun menjadi aktor pria pertama dari Indonesia yang memenang penghargaan ini.

“Kalau deretan nama aktris, kita sudah punya rekam jejak yang cukup baik dalam ajang ini. Mulai dari ibu Christine Hakim, Ria Irawan, Widyawati, dan lainnya. Tapi untuk aktor, ini yang pertama kalinya, sehingga bagi saya ini adalah sesuatu yang sangat berarti,” ujar Reza yang sebelumnya tak tahu kabar bahwa ia masuk dalam jajaran nominasi, hingga akhirnya diumumkan oleh delegasi Indonesia di Kamboja tentang kabar kemenangannya.

“Mungkin orang akan merasa bosan kalau saya yang menang lagi. So overrated. Tapi ini kan bukan saya yang pilih. Jadi saya hanya bisa membalasnya dengan mengapresiasi setiap penghargaan dengan karya-karya lainnya yang bisa dibanggakan,” Reza menambahkan.

Pria kelahiran 5 Maret 1987 itu meyakini bahwa ini bukan sekadar kabar gembira bagi dirinya seorang, tapi juga untuk bangsa. Pasalnya, Reza mempersembahkan penghargaan ini sebagai hadiah untuk Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan jatuh pada 17 Agustus mendatang.

“Kebetulan timing-nya pas. Jadi ini bukan hanya hadiah untuk industri film Indonesia, tapi juga hadiah untuk negara, yang bisa saya lakukan hanya melalui prestasi ini,” tuturnya.

Memenangkan penghargaan internasional tak lantas membuat Reza merasa harus mendulang kesuksesan yang sama pada film-film berikutnya kelak dengan mememangkan ragam ajang festival film lainnya.

“Saya tidak suka mengkotak-kotakkan film, karena pada kenyataannya film dibuat untuk ditonton orang banyak. Jadi ketika saya berperan dalam sebuah film yang bisa ditonton orang banyak juga merupakan pencapaian tersendiri, terlepas apakah film tersebut bersifat festival material,” ujar pria yang sedang terlibat dalam film baru bersama Christine Hakim dan Garin Nugroho berjudul Merias Mayat.

Di ajang film festival bergengsi ini, pemeran film My Stupid Boss itu tak sendirian dalam mengharuman nama bangsa. Penata musik film, Tya Subiakto juga terpilih menjadi Penata Musik Terbaik dalam ajang yang sama untuk film Rudy Habibie. (f)

Baca Juga :
Reza Rahadian dan Ario Bayu Tuturkan Sejarah Gelap Awal Penjajahan di Nusantara dalam Banda, The Dark Forgotten Trail
Reza Rahadian Jadi Sutradara

Pementasan Bunga Penutup Abad, Mengenang 10 Tahun Meninggalnya Pramoedya Ananta Toer
 

Citra Narada Putri


Topic

#rezarahadian, #aktor