Celebrity
Raline Shah, Mandiri Lewat Akting

4 Sep 2018



PENGARAH GAYA FIQI BANAFSAJI, ARNI KUSUMADEWI, FEBIANCA PUTRI/
FOTOGRAFER @IFAN HARTANTO/ DIGITAL IMAGING @RENOPRIYONO/
RIAS WAJAH @PHILIPEKARUNIA/ TATA RAMBUT @ALEONHAIR/
BUSANA @LOVEBONITOID)/ AKSESORI @ALENKAANDMARGO
 
 
Memulai karier di usia yang terbilang telat, 27 tahun, ketika pertama kali terjun ke dunia akting lewat film 5 cm, langkah Raline Shah (33) tidak pernah surut. Sejak itu, ia pun membintangi film Seperti 99 Cahaya Di Langit Eropa, Supernova, juga film Surga Tak Dirindukan. Siapa sangka, eksistensi wanita asal Medan di dunia entertainment lewat akting dan modeling ini berawal dari keinginannya untuk hidup mandiri, lepas dari proteksi keluarganya.
 
Jadi Pemberontak
 
Cantik, glamor, dan sukses di karier. Hidup terlihat mudah dijalaninya. Begitulah label yang  publik sematkan kepada Raline. Wanita kelahiran 4 Maret 1985 ini memang berada di posisi yang mungkin jadi impian banyak orang. “Masa…?” begitu komentar Raline, saat disinggung tentang penilaian publik untuknya itu. Senyumnya merekah. Ia lalu menegaskan bahwa banyak tantangan yang harus ia lalui saat memilih karier di dunia hiburan ini.
 
“Banyak yang tidak tahu, sebenarnya tantangan terbesar saya adalah keluarga.” Raline berasal dari trah terpandang di Medan dan Sumatra Utara. Ayahnya, Rahmat Shah, seorang diplomat, politikus, dan pembina banyak organisasi dan badan amal. Sebagai satu-satunya anak  perempuan, keluarga sangat keras dan protektif terhadap Raline. Banyak hal penting dalam hidupnya yang diputuskan oleh keluarga, tanpa bisa dia bersuara. Seperti ketika ia disekolahkan ke Singapura, bukan London seperti keinginannya.
 
Semasa kecil, ia bisa menerima segala keputusan yang diambil orang tua untuknya. Namun,  seiring dengan bertambahnya usia, keinginan untuk mandiri pun muncul. “Langkah besar yang saya lakukan adalah pergi ke Bangkok untuk ikut audisi iklan di sana. Saat itu saya baru lulus kuliah di jurusan Political Science di National University of Singapore. Saya numpang di tempat kos teman yang sangat sederhana,” kata Raline, mengenang. Saat itu, tahun 2010, ia berusia 25 tahun.
 
Keluarganya sangat marah. Untungnya, audisi itu berhasil. “Itu audisi pertama saya dan langsung lolos membintangi iklan untuk 12 negara. Saya pun sadar bahwa seni peran adalah jalan saya untuk hidup mandiri,” kata Raline, sambil menyebut nilai kontraknya bisa menghidupi dirinya sendiri selama 2 tahun!
 
Bukan sekadar mendapatkan pekerjaan di audisi pertamanya, Raline juga tercerahkan oleh perkataan sutradara iklan tersebut. “Raline, kamu harus bekerja di depan kamera. Saya belum pernah melihat orang yang tidak memiliki pengalaman akting bisa seperti ini,” kata Raline.

Apa jawaban Raline tentang status singlenya? Baca halaman berikut.
 

Yoseptin Pratiwi


Topic

#SiapaBilangGakBisa, #33SingleKuat, #pantene

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.