Career
Tip Menulis Surat Referensi yang Baik

22 Sep 2016


Foto: Fotosearch
 

Seperti apa surat referensi yang ampuh?
Pembaca surat referensi umumnya akan menilai surat referensi berdasarkan kredibilitas pemberi referensi. Bila ada unsur kedekatan pribadi (keluarga, teman baik), maka efek surat referensi tidak sekuat bila pemberi referensinya adalah pihak yang lebih obyektif.
 
Surat referensi yang tepat, meliputi:
  • Ada penjelasan mengenai hubungan kerja  antara pemberi referensi dengan individu yang mendapat referensi.
  • Hubungan kerjasama yang dilakukan antara pemberi referensi dengan Anda, lebih dari 6 bulan.
  • Menjelaskan lingkup tugas, peran yang Anda lakukan, dan durasi kerjasama yang telah  terjadi.
  • Berisi kesan-kesan pemberi referensi selama bekerja sama dengan Anda.
  • Dituliskan dalam format & bahasa business letter, dengan singkat, padat, dan jelas.
Ketika Anda harus memberikan referensi:
  • Hindari menulis referensi dengan sistem template, karena setiap orang pasti memiliki keunikan tersendiri.
  • Menuliskan kelebihan penerima referensi dengan obyektif. Langsung mengarah kepada hal-hal yang sifatnya konsisten. 
  • Meskipun setiap orang memiliki kelemahan, tidak perlu menyampaikannya di dalam surat referensi. Sebab surat ini berfungsi untuk melancarkan jalan seseorang di tempat kerja yang baru.
  • Segera membuat referensi yang diminta, merupakan bagian dari hak setiap pegawai (tetap maupun freelance) yang sudah mengakhiri masa kerja. (f)


Topic

#TipKarier

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?