Career
7 Hal yang Perlu Diketahui Saat Anda Mendapatkan Promosi Jabatan (Part 3)

2 Mar 2017


Foto: Fotosearch
 
Promosi. Di dunia kerja, kata ini memang terdengar menyenangkan, sekaligus  menegangkan. Di saat inilah kemampuan dan kompetensi seorang karyawan akan dibuktikan, apakah ia memang memiliki potensi menjadi pemimpin dan berkembang di kariernya kelak?

Banyak hal yang siap dilakukan seseorang demi mendapatkan promosi. Sayang, ketika sudah mendapat posisi yang ia incar, kualitasnya justru berkurang. Bukan karena skill yang ia miliki, tapi lebih karena ia tak mampu beradaptasi dengan baik dalam menjalankan peran barunya.  Agar tak kewalahan dengan posisi baru Anda, berikut tip dari Billy Latuputty, konsultan karier dari Experd, untuk hal-hal yang mungkin akan Anda hadapi.

Baca juga:
7 Hal yang Perlu Diketahui Saat Anda Mendapatkan Promosi Jabatan (Part 1)
7 Hal yang Perlu Diketahui Saat Anda Mendapatkan Promosi Jabatan (Part 2)
 
5/ Softskill apa yang perlu segera saya tambah?

Menjadi seorang pemimpin menuntut lebih dari sekadar kemampuan teknis. Anda harus berpikir secara strategis, bukan lagi spesialis. Anda harus mengelola sebuah tim dengan karakter anggota yang beragam, sehingga beberapa kemampuan, seperti leadership, komunikasi, coaching, influencing, monitoring, delegating, listening, dan visioning haruslah Anda kuasai dengan baik. Anda bisa bertanya kepada perusahaan apakah Anda bisa mendapatkan pelatihan untuk hal-hal tersebut.

6/ Apakah saya sudah layak memberi coaching pada anak buah saya?
Coaching adalah sebuah keterampilan yang perlu dilatih. Kemampuan itu tidak akan berkembang, jika Anda tidak mempraktikkannya secara teratur. Coaching tidak berarti Anda harus superior dalam segala hal dibandingkan bawahan Anda. Menjadi coach artinya Anda mampu menemukan potensi terbaik anak buah, memaksimalkannya, memberi kesempatan potensi itu untuk tumbuh, serta membangkitkan kesadaran mereka untuk mau berubah guna mencapai kinerja terbaik. Ketika Anda mulai mempraktikkan coaching dan melakukannya secara berkala, maka Anda sedang membangun kekuatan Anda sebagai coach.

7/ Bagaimana caranya agar Anda mudah beradaptasi?
Ubahlah mindset Anda dari seorang follower menjadi seorang people leader. Komunikasikan visi Anda untuk menarik anggota tim ke arah yang sama. Jika sebelumnya Anda terbiasa mengerjakan semuanya sendiri, mulailah untuk berbagi tugas dengan tim Anda dan pantau penyelesaiannya. Biasakan diri berpikir secara big picture, petakan proses kerja di tempat Anda, dan jangan terjebak pada spesialisasi Anda sebelumnya. Bangunlah kemampuan berkomunikasi, berdiplomasi dan menjalin relasi, baik dengan bawahan, dengan pemimpin di bagian lain, dan siapa pun di sekitar Anda. Pikirkanlah keberhasilan tim, bukan keberhasilan Anda sendiri. Tetaplah terbuka untuk mau belajar, dari mana saja, dengan cara apa saja, dari siapa saja, bahkan dari bawahan Anda sendiri. (f)


Topic

#TipKarier, #PromosiJabatan

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?