BizNews
IdeaFest 2018: Connected Generation Penentu Industri Kreatif Nasional

27 Oct 2018

Festival kreatif tahunan, IdeaFest resmi dibuka Presiden Joko Widodo, Jumat (26/10/2018). Ajang kreativitas yang mempertemukan lebih dari 230 pekerja kreatif ini mengusung tema “C”. C merujuk pada #GenerasiC yang hadir di acara ini. 

Menurut Brian Solis, Generasi-C atau Connected Generation merupakan kelompok psikografis yang terkoneksi dan berkolaborasi dalam berbagai platform digital atau teknologi. Memiliki minat atau perilaku yang sama, Generasi-C biasanya hadir dalam berbagai komunitas-komunitas dan sangat pemilih dalam mengonsumsi suatu konten atau produk. Hal inilah yang membuat Generasi C digadang-gadang dapat menentukan arah perkembangan industri kreatif di masa depan.

Hal ini dikuatkan pula oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya dengan topik Becoming a MILLENIAL Leader in The Age of Innovation. Menurutnya ide-ide brilian dan out of the box bisa keluar dari generasi muda. Namun ide brilian bukan sekadar ide, tapi bagaimana ide tersebut juga bisa diwujudkan secara brilian.

Smart ideas tetap membutuhkan smart execution. Harus ada kolaborasi antara perencana dengan pelaksana, pemikir dengan kreator, industri dengan pemerintah. Kalau kita bekerja sendiri tanpa kolaborasi jangan harap kita akan memenangkan persangingan dan kompetisi itu,” katanya, tegas.

Ben Subiakto, Co-Chairman IdeaFest 2018, pun melihat antusiasme tinggi dari pelaksanaan IdeaFest tahun ini. “Kehadiran IdeaFest setiap tahunnya selalu mendukung revolusi dan membuka kesempatan serta peluang bagi #GenerasiC di Indonesia dan dunia,” jelasnya.

Gelaran kreatif ini semakin meriah dengan kehadiran Arief Yahya (Menteri Pariwisata), Luc Maynard (Creative Executive of Walt Disney), Jaeson Ma (Founder of East West Artists dan Co-Founder of 88Rising), Steve Lillywhite (Grammy Award Music Producer), Ferdy Nandes (Facebook APAC), Will Travis (CEO Elevation Barn, ex-Sidlee), Mario Kassar (Hollywood Producer), dan masih banyak lagi.

Tahun ini IdeaFest 2018 hadir dengan lebih dari 102 sesi beserta 230 profil inspiratif dari dalam dan luar negeri, selama 2 hari 26-27 Oktober 2018 di Jakarta Covention Center. Selain workshop dan conference dengan topik-topik yang relevan dengan perkembangan industri kreatif dan pembicara lokal dan mancanegara, gelaran IdeaFest 2018 juga menghadirkan konsep IdeaExperience yang meliputi O2O Market dari Blibli.com, LyfeFest, Art Space, dan berbagai program kreatif menarik lainnya. Ada juga Spice-Up! Boot Camp, dan malam penghargaan sebagai apresiasi untuk para pelaku industri kreatif.

IdeaFest bersama dengan dua acara besar yang juga mengusung kreativitas yaitu Jakarta Fashion Week dan Brightspot, menggagaskan ide untuk bersinergi agar bisa menciptakan gaung yang lebih besar.  ​Jakarta Fashion Week menginjak tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke-9, sedangkan IdeaFest memasuki tahun ke-7 dengan penyelenggaraannya yang ke-5. Tahun ini, ketiga acara pelaku industri kreatif ini berada dalam satu payung bernama ‘ID Creative Week’.  (f)


Baca Juga: 
Kain Nusantara Inspirasi Utama Desainer Novita Yunus dan Lulu Lutfi Labibi
Jakarta Fashion Week 2019 Sudah Dimulai!


Faunda Liswijayanti


Topic

#ideafest, #industrikreatif

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?