Tips
5 Panduan Penting Umur Kedaluwarsa Kosmetik

6 Sep 2018



Foto: Pixabay

4/Apa bahaya kesehatan yang mengincar?

Ketika produk kosmetik telah kedaluwarsa, molekul-molekul yang terkandung dalam produk  dapat terurai menjadi senyawa lain yang bereaksi buruk terhadap kulit. Alhasil, kulit akan mengalami iritasi, meradang atau dermatitis. Gejala dermatitis ini biasanya terlihat dari kulit yang kering, gatal, hingga gangguan yang lebih parah seperti ruam yang melepuh. Berikut ini beberapa contoh gejala yang bisa muncul:
 
# Mata & Kelopak Mata. Apakah Anda pernah merasakan gatal-gatal pada kelopak mata setelah mengoleskan eye shadow atau gatal-gatal pada garis tempat tumbuhnya bulu mata setelah mengenakan maskara? Beberapa kosmetik, seperti maskara, eye liner, dan eye shadow yang sudah terlalu lama dapat menjadi medium berkembang biaknya bakteri. Bakteri yang berkembang biak di kosmetik inilah yang memicu peradangan atau infeksi selaput transparan yang berada di permukaan dalam kelopak mata dan yang mengelilingi bola mata bagian luar. Gejalanya biasanya ditandai dengan rasa gatal, memerah, dan bengkak pada mata.
 
# Bibir. Lipstik, lipbalm, atau lipgloss merupakan produk kosmetik yang rentan menjadi media tumbuhnya bakteri. Hal ini dimungkinkan oleh kontak langsung produk dengan bibir atau kuas lipstik yang tidak dijaga kebersihannya. Alhasil, umur kedaluwarsa produk menjadi lebih cepat. Belum lagi risiko kesehatan bibir, yaitu bibir bisa menjadi pecah-pecah, membengkak, atau melepuh.
 
# Kulit wajah. Bedak dasar jenis apa yang Anda pakai? Berbentuk krim yang langsung dicolek dengan tangan atau kuas? Atau bentuk cair yang harus dipencet keluar dari kemasan? Dalam hal ini, bentuk kedua memang jauh lebih awet daripada bentuk pertama. Sebab, risiko kontaminasi atau serangan bakteri akan lebih kecil. Meski demikian, bukan ide bagus untuk tetap mengenakannya melebihi jangka waktu kedaluwarsa. Sebab, melewati tanggal itu, zat pengawet sudah tidak lagi bekerja, sehingga risiko terjadinya iritasi atau infeksi kulit akan tinggi.

Produk perona pipi adalah salah satu yang biasanya bertahan paling lama di tas kosmetik Anda. Meski teksturnya sudah mengeras, tetap saja Anda memulaskannya ke area pipi. Padahal, tidak sedikit produk perona pipi yang memiliki kandungan dasar minyak atau air yang menjadi medium yang disukai kuman dan bakteri. Daripada mengeluarkan uang lebih banyak untuk perawatan kulit wajah, lebih baik ganti perona pipi Anda setelah melewati masa kedaluwarsa!
 


Topic

#beautytip, #kedaluawarsa

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?