Tips
5 Panduan Penting Umur Kedaluwarsa Kosmetik

6 Sep 2018


Foto: Pixabay
 

Kapan terakhir kali melakukan pengecekan tanggal kedaluwarsa segala produk kosmetik di dalam pouch Anda? Atau, jangan-jangan selama ini Anda termasuk salah satu yang berprinsip 'dibuang sayang”? Apalagi jika mengingat bahwa Anda harus merogoh kantong cukup dalam untuk bisa memiliki berbagai kosmetik merek terkenal yang harganya selangit. Padahal, tanggal kedaluwarsa produk ditulis bukan tanpa arti. Ada sederet risiko kesehatan yang harus Anda hadapi! Berikut ini beberapa fakta penting yang perlu Anda tahu.

 1/Mengapa Ada Tanggal Kedaluwarsa?

Tanggal kedaluwarsa atau umur simpan merupakan hasil dari pengujian stabilitas produk. Pencantuman informasi ini sangat penting karena terkait dengan keamanan produk dan untuk memberikan jaminan mutu pada saat produk sampai ke tangan konsumen. “Masa kedaluwarsa yang telah lewat biasanya terlihat dari perubahan tampilan fisik, baik berupa warna, berbau, berjamur, berubah tekstur, dan banyak lagi lainnya. Produk yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa sudah tidak bisa dijamin lagi keamanannya,” ujar Mayagustina Andarini, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, BPOM.

 

Naomi Jayalaksana


Topic

#beautytip, #kedaluawarsa

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.