Travel
Yeay, Waktunya Liburan!

17 Jan 2014

Kesuksesan liburan tergantung pada itinerary yang Anda susun. Ketika Anda pergi dengan keluarga dan anak-anak, tentu tujuan wisatanya akan berbeda jika Anda pergi dengan sahabat-sahabat Anda. Untuk itu, femina memilihkan rekomendasi objek-objek wisata yang cocok bagi Anda dan anak-anak di berbagai negara. Tak hanya menghibur, banyak hal baru yang bisa Anda dan anak-anak pelajari di tempat liburan nanti. Selamat berlibur!

INDONESIA
Jatim Park 2, Batu, Jawa Timur (mulai dari usia 6 bulan)

Belajar dan Bertualang Bersama Satwa

Satwa dan alam selalu menjadi daya pikat wisata yang tak pernah menjemukan. Itulah yang menjadikan Jatim Park 2 ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga Anda. Terdiri dari tiga objek wisata utama, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park, Jatim Park memberikan pilihan beragam untuk Anda eksplorasi bersama anak-anak.
   
Ajak buah hati Anda melihat langsung satwa-satwa liar, tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari berbagai negara di dunia, yang mungkin selama ini hanya ia lihat versi animasinya di film kartun favoritnya. Tempat yang menjadi rumah bagi ratusan hewan, kebun binatang seluas 12 hektare ini dibagi menjadi tujuh area, Savannah, African Village. Eagles, Fantasyland, River Adventure, Feeding Birds, dan Mancing Harimau.
   
Di River Adventure, Anda sekeluarga bisa melihat habitat orang utan di sebuah pulau kecil buatan dengan naik perahu. Seperti sedang bertualang di pedalaman hutan Kalimantan saja. Tak hanya itu, Anda juga bisa memberi makan burung di Feeding Birds dan harimau di Mancing Harimau.  Deg-degan memang. Tapi, kapan lagi bisa memberi makan harimau, ‘kan?
   
Setelah puas bertualang, Anda sekeluarga bisa mengenal lebih jauh mengenai hewan-hewan ini di Museum Satwa. Interior museum yang menarik membuat museum ini jauh dari kata membosankan. Tak hanya bisa melihat beragam hewan yang diawetkan, tapi juga beragam fakta menarik mengenai hewan-hewan tersebut. Siap-siap juga terpukau melihat rangka dinosaurus besar yang berada di tengah museum.

Sementara itu, Eco Green Park lebih mengedepankan konsep edutainment dalam menjaga kelestarian lingkungan. Di zona Jungle Adventure misalnya, Anda akan diajak berkeliling hutan buatan naik mobil terbuka. Ini bukan sekadar tour the jungle biasa, lho, karena sambil berkeliling Anda akan disuguhi informasi mengenai penebangan hutan, pembalakan kayu, dan perburuan hewan secara liar.  


Elephant Back Safari, Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali (Mulai dari usia 6 bulan)

Menjelajah Alam dari Punggung Gajah

Tak perlu pergi jauh ke Afrika untuk merasakan pengalaman bersafari naik gajah. Di Bali Safari & Marine Park, Anda bisa bersafari mengelilingi hutan buatan yang pemandangannya dibuat menyerupai Afrika dengan naik gajah. Tak perlu khawatir dengan keamanannya, karena tiap gajah dilengkapi dengan sadel yang nyaman dan aman, dan dikendarai oleh pawang gajah berpengalaman. Tapi, pastikan saja  tiap anak didampingi orang dewasa.
   
Tidak hanya berkeliling menikmati pemandangan dari punggung gajah, Anda dan keluarga juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di sana, seperti zebra, badak, dan wildebeest dari jarak dekat. Bagian paling seru dari Elephant Back Safari ini adalah pengalaman menemai gajah mandi di Sungai Mara.

Tak hanya bersenang-senang, selama bersafari Anda dan keluarga juga akan mendapatkan informasi edukatif dari pawang gajah yang memandu safari Anda. Anda pun akan belajar memahami   satwa-satwa liar di luar sana lewat perilaku alaminya, kecerdasan, habitat, dan konservasinya.


MALAYSIA

LEGOLAND® Malaysia Resort, Kuala Lumpur (Mulai dari 6 bulan)

Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Siapa yang tak kenal LEGO? Hampir seluruh anak di dunia ini, bahkan mungkin Anda dan pasangan Anda, pernah bersentuhan dengan mainan ini. LEGO memang memosisikan diri sebagai mainan yang tak hanya menghibur, tapi mendidik dan merangsang perkembangan motorik dan kreativitas anak. Dengan varian mainannya yang beragam, yang memungkinkan pemainnya untuk membangun miniatur-miniatur infrakstruktur kota, mulai dari stasiun, bandar udara, hingga pesawat luar angkasa, banyak juga orang dewasa yang menjadi penggemar fanatik mainan ini.
   
Konsep itu juga tercermin di LEGOLAND® Malaysia Resort yang memiliki lebih dari 40 wahana, pertunjukan, dan atraksi. LEGOLAND® Malaysia Resort ini dibagi menjadi tujuh area untuk pengunjung dari berbagai usia, yakni The Beginning, LEGOTechnic, LEGO Kingdoms, Imagination, LEGO City, Land of Adventure, dan MINILAND. Fokus utama dari LEGOLAND® Malaysia Resort ini adalah MINILAND yang menampilkan miniatur dunia. Menggunakan lebih dari 30 juta balok LEGO, MINILAND menampilkan miniatur gedung-gedung dan monumen ikonik Asia, seperti Petronas Twin Towers, Patung Merlion, dan Taj Mahal.


Hello Kitty Town, Johor Baru (Mulai dari 2 tahun)

Enjoy Your Girls Day Out

Ini tempat yang tepat untuk bernostalgia mengenang masa kecil dan remaja Anda, penggemar karakter kucing lucu dari Sanrio ini. Putri kecil Anda juga pasti betah berlama-lama di sana. Sebenarnya, Hello Kitty Town sama seperti taman hiburan lainnya yang berisi wahana-wahana permainan. Hanya, desain serba Hello Kitty-nya yang membuat taman hiburan yang berada di Puteri Harbour Indoor Family Theme Park ini sangat menggemaskan.
   
Bagian yang tak boleh Anda lewatkan adalah rumah Hello Kitty dengan desain interior ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur yang kental sentuhan Hello Kitty-nya. Banyak juga beragam aktivitas yang bisa Anda dan putri Anda lakukan bersama-sama, seperti membuat perhiasan, pesta kostum, mengecat kuku, atau membuat biskuit di Wishful Studio. Ini waktunya bagi Anda dan putri kecil Anda merencanakan girls day out.


SINGAPURA

S.E.A Aquarium, Resort World Sentosa (Mulai dari 6 bulan)

’Berkemah’ di Dasar Laut

Mengunjungi akuarium air laut terbesar di dunia ini, Anda seakan-akan diajak ‘menyelam’ mengunjungi 100.000 hewan dari 800 spesies satwa laut. Siap-siap saja bertemu 200 ekor hiu yang berenang bebas mengitari Anda ketika Anda berjalan di bawah kubah akuarium raksasa. S.E.A Aquarium & Maritime Experiential Aquarium dibagi menjadi beberapa area sesuai wilayah perairan dunia, seperti Selat Karimata dan Laut Jawa, Selat Malaka dan Laut Andaman, Teluk Bengal dan Laut Laccadive, Teluk Persia dan Laut Arab, Laut Merah, Afrika Timur, Laut hingga Cina Selatan. Sehingga, Anda dan anak-anak Anda pun bisa mengenal lebih jauh mengenai keragaman spesies laut dari berbagai wilayah perairan.
   
Belum puas berkeliling dan mengagumi keindahan spesies laut di sini? Anda dan anak-anak bisa menginap dan tidur dinaungi birunya air laut yang teduh, sambil memandangi aneka ikan yang berenang melintas. Sebagai dongeng menjelang tidur, seorang tour guide akan menceritakan kepada Anda dan anak-anak mengenai hewan-hewan laut. Tak perlu takut bosan karena mereka juga sudah menyiapkan berbagai permainan dan aktivitas edukatif yang berhubungan dengan kehidupan laut.


Garden by The Bay (Mulai dari 6 bulan)

Taman dan Hutan di Tengah Kota

Beragam keindahan bunga dan rindangnya pepohonan bisa Anda nikmati di sini. Ada dua kubah utama yang bisa Anda kunjungi. Pertama, Flower Dome yang ditanami  aneka ragam bunga dan tanaman dari berbagai penjuru dunia, seperti Australia, Amerika Selatan, Mediterania, hingga Afrika Selatan. Manjakan mata Anda dengan keindahan bunga  aneka warna. Di area tengah, terdapat taman utama yang desain lanskapnya diubah sesuai tema bulan itu. Cantik sekali!
   
Dome berikutnya adalah Cloud Forest yang merupakan miniatur hutan tropis. Hirup udara segar dari pepohonan yang tumbuh rindang di dalam dome ini sepuasnya. Nikmati juga sejuknya percikan air dari air terjun buatan setinggi belasan meter. Sempatkan untuk ‘hiking’ santai hingga ke area puncak air terjun, dan nikmati keindahan Cloud Forest dari atas.
   
Tak hanya menawarkan keindahan, Garden by The Bay juga memiliki area-area edukatif yang memberi informasi lengkap mengenai alam dan pemanasan global. Dengan kemasan yang menarik, anak-anak Anda pun takkan sadar bahwa mereka sedang diajak belajar sesuatu yang penting di sini.
   
Tak perlu khawatir merasa kepanasan. Meski terbuat dari kaca, kedua dome ini tidak menyerap panas dan   dilengkapi penyejuk ruangan. Untuk mendukung konsep hijau taman ini, sumber listrik utama Garden by The Bay adalah pohon-pohon besi raksasa di area taman luar yang berfungsi sebagai solar panel. Jalan setapak di dalam  tiap dome juga dirancang nyaman bagi pengguna kursi roda ataupun Anda yang membawa batita dengan baby stroller.


AUSTRALIA

Monkey Mia Dolphin Resort (Mulai dari 1 tahun)

Berenang bersama Lumba-Lumba

Australia Barat menyimpan kekayaan alam yang memesona. Salah satunya adalah Monkey Mia. Terletak di jantung wilayah Shark Bay World Heritage, tepatnya di Dolphin Beach, Monkey Mia  memiliki segudang aktivitas yang disediakan oleh Departemen Lingkungan dan Konservasi Australia.

Tiap hari, pantai berpasir putih ini menjadi tempat bercengkerama  lumba-lumba. Rata-rata ada 8 lumba-lumba yang mampir  tiap hari. Jika Anda beruntung, Anda mungkin bisa bertemu belasan hingga dua puluhan lumba-lumba sekaligus. Bayangkan, Anda tidak hanya bisa melihat lumba-lumba berenang dan bercanda, tapi juga menyentuh, memberi makan, berenang, dan berfoto bersama dari dekat.
  
 Tidak hanya lumba-lumba, Shark Bay juga menjadi rumah bagi empat spesies kura-kura dan burung-burung langka, yakni The Dirk Hartog Black dan White Fairy Wren. Kabarnya, kedua burung itu hanya bisa ditemukan di Shark Bay.
   
Setelah puas bermain  dengan lumba-lumba, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai naik unta! Serasa jadi bangsawan dari Timur Tengah, deh. Terletak di 850 km sebelah utara Perth, Anda bisa menuju Monkey Mia dengan naik pesawat atau mobil.


AMERIKA

Disney’s Car Land dan Faire Land, Disneyland California Adventure Park (Mulai dari 1 tahun)

Pintu Menuju Negeri Dongeng

Tujuan wisata klasik yang tak pernah ketinggalan zaman ini baru saja merayakan grand reopening-nya Juli tahun ini. Jika Anda sudah pernah mengunjunginya, ada beberapa hal baru di Disneyland ini yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, Disney's Cars Land yang akhirnya   rampung diperbarui dan diperluas. Nikmati pengalaman balapan ala Lighting McQueen menyusuri trek di antara tebing-tebing bebatuan di Radiator Springs Racers dengan kecepatan maksimum 64,3 km/jam. Bagi anak-anak Anda yang masih balita, naik traktor mini di Mater's Junkyard Jamboree bisa jadi hiburan yang menyenangkan. Setelah lelah bermain, Anda bisa makan sambil bersantai di Flo's V8 Cafe dengan interior bergaya retro, khas Route 66.
   
Tahun ini, themed land Fantasy Faire menempati lahan baru. Ini adalah surga bagi putri-putri Anda yang mengidolakan karakter Disney Princesses. Dengan desain arsitektur dan infrastruktur ala negeri dongeng, Fantasy Faire ingin mengajak anak-anak Anda masuk ke dunia dongeng yang selama ini hanya bisa mereka lihat di film dan buku cerita. Atraksi utama dari Fantasy Faire adalah Royal Theatre, tempat   mereka bisa menyaksikan pertunjukan dari cerita-cerita Disney, seperti The Tales of Rapunzel dan Beauty and The Beast.


HONG KONG

Lamma Island (Mulai dari usia 1 tahun)

Sisi Lain Hong Kong

Pulau ketiga terbesar di Kepulauan Hong Kong ini terletak di barat daya Pulau Hong Kong. Lamma Island merupakan desa nelayan Cina tradisional yang multibudaya. Berbeda dari pusat Kota Hong Kong yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan yang modern, Lamma Island menawarkan sisi lain dari Hong Kong. Air laut yang jernih dan pasir yang lembut di Pantai Hung Shing Yeh tepat untuk jadi lokasi berenang dan bermain pasir bagi putra-putri Anda. Saat malam menjelang, Anda sekeluarga bisa mengadakan pesta barbecue dengan aneka menu seafood.
   
Selain bermain-main, Anda sekeluarga juga bisa melihat kehidupan warga di sana yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Memang, industri perikanan tidak lagi menjadi industri utama di Hong Kong, tapi pemerintah bertujuan melestarikan kehidupan nelayan tradisional lewat komunitas di pulau ini. Dapatkan pengalaman memancing dengan naik perahu nelayan tradisional ditemani nelayan lokal.


Hong Kong Wetland Park (Mulai dari 0 tahun)

Hutan Tropis di Kota Metropolitan

Di taman ecotourism kelas dunia seluas 60 hektare ini Anda sekeluarga bisa menikmati aneka spesies flora dan fauna khas Hong Kong. Taman yang berfungsi mengonservasi ekosistem dan mengedukasi publik mengenai kelestarian lingkungan ini menjadi rumah bagi satwa-satwa liar, seperti kupu-kupu, burung, capung, amfibi, reptil, mamalia, dan juga ikan.
   
Kunjungi dua area utama dari taman ini, Wetland Interactive World dan Wetland Reserve. Di Wetland Interactive World terdapat galeri, teater, ruang bermain indoor (Swamp Adventure), dan pusat sumber daya yang menjadi pusat edukasi dari Wetland Park. Sedangkan Wetland Reserve adalah tempat bagi berkumpulnya satwa-satwa tropis yang didesain menyerupai habitat aslinya. Ada banyak area yang bisa dikunjungi di Wetland Reserve ini, mulai dari Stream Walk, Mangrove Boardwalk, Butterfly Garden, dan Three Bird Hides.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?