Recipes
Vegetarian Calzone

22 Feb 2013

PERSIAPAN :  15 menit
LAMA MEMASAK :  60  menit (termasuk waktu pengembangan)
UNTUK :    4 porsi

• Calzone merupakan jajanan populer di Italia yang terbuat dari adonan pizza, lalu diisi dan dilipat hingga berbentuk setengah lingkaran. 
• Selain versi panggang, ada juga versi calzone goreng dengan isian tomat dan keju mozzarella yang bernama panzerotti. Versi ini banyak ditemukan di wilayah Puglia, Italia Selatan.
• Supaya adonan roti mengembang sempurna, letakkan wadah berisi adonan di tempat yang lembap dan hangat.

Bahan: 

Roti:
120 ml air hangat
½ bungkus (4 g) ragi kering instan
1 sdt gula pasir
150 g tepung terigu serbaguna
1 sdt minyak zaitun
½ sdt garam

Isi:
2 sdm mentega
2 siung bawang putih, cincang halus
200 g jamur portobello, iris tipis ½ cm 1)
150 ml puree tomat
1 sdm pasta tomat
½ sdt garam
½ sdt oregano 
¼ sdt thyme
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt gula pasir
150 g daun horenzo (bayam jepang), iris halus
¼ buah (25 g) bawang bombay, iris tipis
75 g keju mozzarella

Olesan:
1 sdm minyak zaitun

Cara Membuat:

1. Roti: Campur air, ragi, dan gula, aduk rata, sisihkan.  Dalam mangkuk, campur sisa bahan hingga tercampur rata. Tambahkan larutan ragi, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, tutup mangkuk dengan plastik lengket hingga rapat. Diamkan hingga adonan mengembang dua kali (±30 menit).

2. Isi: Lelehkan mentega dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan jamur portobello masak hingga jamur layu. Tambahkan puree tomat, pasta tomat, garam, oregano, thyme, merica bubuk, dan gula pasir, aduk rata. Masak hingga mengental. Masukkan daun horenzo, aduk rata. Masak hingga daun layu.

3. Siapkan loyang datar untuk kue kering, taburi  tepung. Pipihkan adonan roti di atas loyang menjadi bentuk lingkaran (diameter 25 cm) setebal ½ cm. Tuang adonan isi di tengah lingkaran. Sisihkan 1 cm pada bagian ujung adonan.

4. Lipat hingga membentuk setengah lingkaran (seperti pastel). Lekatkan ujung adonan seperti membuat pastel. Olesi bagian atas calzone dengan minyak zaitun hingga rata. Panggang dalam oven panas bersuhu 200o C hingga kecokelatan dan matang (±30 menit), keluarkan. Sajikan.

1) Jamur portobello: Jamur berukuran besar dengan payung jamur berwarna cokelat kehitaman. Dijual segar di pasar swalayan.

ISYANA ATININGMAS
FOTO: DENNIE RAMON.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?