Career
Tiru Profesionalisme Pria (Bagian I)

20 Oct 2011

5 Keunggulan Pertama: Berpikir Logis
Pria terkenal mampu berpikir logis. Kekurangannya yang tak bisa melakukan tugas multitasking, ternyata justru memberikan keuntungan dalam sikap kerja, antara lain lebih fokus pada satu masalah dalam satu waktu.

1. Berpikir global
Pria hampir selalu berpikir dengan gambaran luas (helicopter view). Ditambah lagi, gambaran luas itu dilengkapi dengan sikap visioner. Sedangkan wanita, saat melihat satu masalah, lebih sering langsung memfokuskan pandangan ke semua detail.

Tip: Awali melihat masalah secara luas, baru memikirkan detailnya.

2. Berpikir strategis
Pria hampir selalu melengkapi semua perencanaan dengan langkah-langkah untuk mencapainya. Wanita memikirkan sebuah perencanaan dengan detailnya, tetapi sering kali tidak melengkapinya dengan rencana eksekusi yang logis.

Tip: Lengkapi semua perencanaan dengan langkah-langkah strategis yang mudah dilaksanakan.

3. Ambisius
Jika sebagian wanita masih menganggap ambisius adalah sikap negatif, tidak demikian halnya bagi pria. Hal itu didukung oleh fakta bahwa sejak dulu peran pria memang ditentukan sebagai bread winner. Sedangkan pengaruh budaya justru mengondisikan situasi bahwa jika wanita ambisius, kelihatannya buruk.

Tip: Kalau tujuan dan caranya jelas, sama sekali tak masalah menjadi ambisius. Tetapkan goal, dan tentukan cara untuk mencapainya.

4. Lebih Fokus
Pria mampu fokus pada satu masalah dengan jernih, sehingga masalah cenderung kelihatan ringan dan selesai lebih cepat. Sedangkan wanita memikirkan bamyak hal dalam satu waktu, sehingga tampak rumit dan tidak fokus ke satu titik.

Tip: Ubah cara kerja dengan memilah-milah masalah. Fokus pada satu hal dan pikirkan detail satu per satu.

5. Berani Mengatakan: Bisa
Jika pria diberi posisi atau tanggung jawab lebih besar daripada biasanya, mereka akan menerima seolah mereka memang layak mendapatkannya. Sedangkan wanita lebih sering meragukan kemampuannya, dengan menolak atau menundanya. Padahal, bisa jadi sudah waktunya ia menerima posisi tersebut.

Tip: Jika menerima tantangan karier, sambut dengan antusias. Itulah saatnya kita menunjukkan kemampuan.


Apa lima keunggulan lainnya? Klik di sini


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?