Tips
Tip Riasan Dengan Teknik Konturing

11 Jul 2011

Wajah ibarat kanvas yang siap dilukis dengan teknik pewarnaan khusus agar memberikan hasil yang indah. Dalam hal ini teknik dasar yang perlu untuk memperindah profil wajah adalah konturing, yakni pengaplikasian make up untuk memanipulasi penampilan struktur rahang dan tulang pipi. Tujuannya, untuk menciptakan bentuk wajah yang lebih ideal, yaitu oval.

Berikut beberapa tip make up dengan teknik konturing:

Konturing Wajah

Konturing merupakan teknik make up terbaik bagi yang memiliki wajah membulat. Shading pada bagian luar wajah selain dapat mempersempit bentuk wajah juga memberi dimensi. Menyembunyikan dagu berlipat serta rahang dan dahi lebar melalui teknik konturing bukan masalah. Begitu pula dengan bentuk rahang tambahan saat memasuki usia 30-an. Beri shading dengan bedak paling gelap.

Saat pengaplikasiannya, bedakan kontur riasan panggung yang tebal dengan riasan sehari-hari. Untuk orang awam cukup membuat efek kontur menggunakan bedak beberapa tingkat lebih gelap. Tak perlu menggunakan alas bedak yang terlalu berat.

Bedak matte beberapa tingkat lebih gelap dari kulit merupakan pilihan terbaik untuk konturing. Sementara bronzer, baik yang bertekstur matte maupun berefek shimmer, juga efektif digunakan untuk konturing. Kenakan setelah mengenakan alas bedak dengan sedikit taburan bedak transparan untuk hasil terbaik. Kulit yang masih terasa lengket akibat olesan alas bedak dan langsung diberi kontur, biasanya hasilnya jadi gelap, tebal, dan terlihat kurang alami.

Konturing Pipi
 
Pipi yang terlihat turun bisa ‘diangkat’ dengan bantuan sapuan perona pipi mengarah ke atas. Pertama-tama temukan tulang pipi, biasanya pada luar garis mata, segaris dengan ujung hidung. Sapukan kuas ke arah atas menuju dahi, mulai dari tulang pipi.

Bisa juga mencoba alternatif dengan memberi dimensi pada tulang pipi dengan pemakaian 2 warna perona pipi. Warna cokelat untuk bagian luar, dan warna peach pada tulang pipi, lalu dibaurkan. Jangan sampai terlihat garis perbedaan. Kombinasi warna ini, selain memberi bentuk pada tulang pipi, wajah juga terlihat lebih segar.

Gunakan kuas konturing yang didesain untuk menekankan goresan perona pipi ke atas ke bawah yang tidak bisa dilakukan oleh kuas jenis lain. Pilih kuas yang lebarnya seukuran dengan garis konturing yang ingin dibuat.

Konturing Mata

Sedikit konturing juga bisa memberi kesan mata naik (eye tuck). Penggunaan perona mata gelap pada tonjolan bagian atas kelopak mata, bisa membuat mata terlihat lebih besar dan memberi kesan melebarkan dengan memberi warna di atas kelopak mata. Untuk mata yang sudah berkerut, sebaiknya hindari perona mata warna terang di bawahnya, karena akan makin mempertegas kerutan.

Untuk warnanya, pilih yang menggunakan moisturizer daripada concealer sebagai alas sebelum mengulaskan perona mata. Perona mata warna tembaga aman untuk konturing semua bentuk mata karena mengandung shimmer.

Konturing Hidung

Pemberian kontur pada hidung sebenarnya paling sulit untuk sehari-hari karena pemakaiannya agak tebal. Namun, cukup aman untuk dikenakan pada acara malam hari atau pemotretan. Untuk bentuk hidung besar, beri warna gelap pada sisi kanan kiri batang hidung dan bagian cuping hidung. Beri highlight pada garis tengah dan pangkal tulang hidung. Sebaliknya, untuk hidung kecil, aplikasikan warna gelap pada tepi luar batang hidung hingga sudut dalam mata, berikan highlight di sepanjang tengah tulang hidung. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?