Home Interior
Tip Merawat Sofa

8 Oct 2011

Sofa merupakan salah satu barang penting di rumah, khususnya di ruang tamu atau di ruang keluarga. Membeli sebuah sofa tentu harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Karena itu, rawatlah sofa Anda agar lebih tahan lama. Berikut beberapa tip cara merawat sofa.
  • Bila di rumah ada binatang peliharaan, terlebih lagi anak kecil, bersihkan sofa setiap hari menggunakan alat penyedot debu. Apalagi jika sofa terbuat dari kain bertekstur yang mudah ‘menangkap’ debu. Perhatikan juga sudut-sudut kursi tempat debu dan kutu bisa bersarang. Bila perlu, sebelum disedot, korek bagian tersebut menggunakan sikat plastik.
  • Jemurlah bantalan kursi di bawah sinar matahari satu minggu sekali, kurang lebih selama 1 jam. Jangan lupa, pukul-pukul dan balik-balik bantalan agar debu yang menempel hilang. Dengan begitu, isi bantalan akan menyebar rata dan tetap menggembung. Jangan terlalu lama menjemur di bawah panas matahari karena akan memudarkan warna dan corak bantalan.
  • Jika sofa terkena noda, segera bersihkan. Bila terlambat, noda akan sulit dibersihkan. Aapalagi bila sofa terbuat dari bahan yang ‘peka’, seperti sutra, linen, kulit asli, atau beludru. Jangan gunakan cairan kimia jika Anda tidak tahu cara menggunakannya. Gunakan air biasa, langsung lap dengan kain kering, lalu jemur. Untuk mengeringkannya, biarkan terkena angin. Jangan gunakan hair dryer, apalagi jika terbuat dari sutra, karena kain sofa bisa mengerut.
  • Bila sofa terbuat dari bahan yang mahal, lebih baik serahkan pembersihan kepada tenaga profesional yang sudah teruji keahliannya.
  • Jika Anda ingin menyemprotkan insektisida pada sofa, tanyakan kepada ahli sofa cara menggunakannya, agar kain sofa tidak cepat rusak. (f)






 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?