Food Trend
Tip Menggoreng Kerupuk

19 Jul 2011

Agar kerupuk lebih nikmat saat dimakan, ikuti tip menggorengnya berikut ini.

1 Supaya hasilnya lebih mekar, sebelum digoreng, beberapa jenis kerupuk harus dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari hingga kering.

2 Gunakan wajan cekung yang dalam untuk menggoreng, agar minyak dapat menenggelamkan seluruh permukaan kerupuk.

3 Untuk kerupuk yang tipis dan berukuran besar (kerupuk udang atau legendar), goreng satu per satu ke dalam minyak dengan panas sedang, sambil ditekan-tekan agar tidak melengkung.

4 Untuk kerupuk kecil (kerupuk bawang atau kerupuk keju), bisa digoreng sekaligus, yang penting minyak bisa menenggelamkan semua kerupuk.

5  Khusus untuk kerupuk tebal (kerupuk ikan palembang), supaya tidak bantat, sebaiknya goreng kerupuk dalam dua tahap. Pertama, goreng di dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas di atas api kecil hingga setengah mekar, aduk sebentar, angkat, dan tiriskan. Lanjutkan dengan menggoreng kerupuk dalam minyak banyak yang panas sambil diaduk-aduk hingga mekar sempurna.

6 Untuk mengurangi sisa-sisa minyak yang menempel di kerupuk, tiriskan kerupuk dengan bantuan tisu makan.

7 Setelah kerupuk dingin, simpan dalam wadah kedap udara, agar kerupuk tetap renyah. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?