Tips
Tip Make Up Natural

6 Jul 2011

Merias wajah dan menata rambut, butuh beberapa trik khusus agar hasilnya maksimal.
Menurut Gusnaldi, make up stylist yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah kulit wajah yang sehat. Kondisi kulit yang sehat bisa menggunakan make up minimalis dan hasilnya akan terlihat natural.


Perfect base
Untuk meratakan foundation sebaiknya diaplikasikan pelembap wajah terlebih dahulu, bagi foundation liquid gunakan spon untuk meratakan dengan cara ditekan-tekan, sedangkan foundation krim Anda bisa mengaplikasikan dengan beberapa cara, yaitu dengan jari, spon dan juga kuas, tetapi yang perlu diperhatikan, untuk pengaplikasian dengan jemari, pastikan tangan anda bersih sebelum menyentuh foundation, dan untuk media kuas, aplikasikan tipis-tipis dan perlahan. Berbeda halnya dengan foundation bentuk matte, untuk yang satu ini dibutuhkan kecepatan dalam pengaplikasian, karena foundation matte cenderung cepat kering dan mudah menggumpal.


Bedak
Pengaplikasian bedak tergantung pada ketebalan yang diinginkan, untuk hasil yang tebal gunakan spon bedak secara merata dengan ditepuk atau ditekan, hasil akan terlihat lebih tebal, untuk hasil akhir yang maksimal, penting sekali melakukan finishing dengan kuas, karena bulu kuas dapat menjangkau sudut wajah dan pori-pori yang belum tertutupi. Sedangkan untuk hasil yang tipis dan natural lebih baik menggunakan kuas dengan cara disapukan dan lebih baik menggunakan bedak tabur.

Cover it all
Kemampuan ajaib dari concealer juga perlu disiasati, agar hasilnya tidak belang dengan warna bedak, concealer cair cenderung lebih gampang digunakan dibandingkan krim atau stik, hanya ratakan dengan kuas sehingga mudah membaur. Sedangkan untuk concealer stik harus lebih hati-hati, berikan dahulu diujung jari baru secara perlahan diaplikasikan ke wajah, karena bila secara langsung, hasil yang didapat akan menjadi terlalu tebal, concealer bisa digunakan sebelum,dan juga pada saat finishing make up, tergantung seberapa tebal bagian yang ingin ditutupi.


Bibir Cantik
Untuk pengaplikasian lipstick, mempunyai trik-trik tersendiri, seperti untuk bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya sebelum menggunakan lipstick, bibir kering lebih baik diaplikasikan lip balm terlebih dahulu, namun ada baiknya setelah menggunakan lipbalm, ditunggu beberapa saat agar kelembapan menyerap dahulu ke bibir, lalu baru diaplikasikan lipstik. Berbeda hal dengan bibir berwarna gelap, tips dari Gusnaldi untuk jenis bibir ini, jangan mengaplikasikan lipstick secara langsung, gunakan lipstick warna gelap dahulu pada bibir, setelah itu, timpa dengan alas bedak, lalu baru ulaskan warna terang atau warna yang diinginkan, ulaskan tipis-tipis agar hasil terlihat lebih natural. Sedangkan untuk memberi volume pada bibir tipis gunakan lipliner untuk memberi bingkai pada bibir, pilih lipliner berwarna senada dengan lipstick yang diinginkan, lalu isi dengan lipstick dengan shimmer, atau gunakan lipstick, lalu ulaskan lipgloss.


Pipi merona
Blush on merupakan finishing touch pada bagian pipi yang tricky dan harus pintar dalam menggunakannya, bila sembarangan bisa menghasilkan tampilan yang terlihat tidak bagus atau bahkan terlihat seperti badut. Trik untuk penggunaan blush on juga tergantung pada teksturnya, blush on bertekstur krim lebih baik diaplikasikan pada wajah yang benar-benar bersih, karena penggunaan blush on krim sebaiknya tidak menggunakan alas bedak, sehingga wajah harus benar-benar bersih dan juga sehat. Berbeda dengan blush on padat, penggunaan jenis ini lebih mudah karena hanya dengan menggunakan kuas halus, tips nya, gunakan dua warna blush on, yang berwarna lebih gelap dan yang berwarna sesuai dengan warna kulit, karena warna yang lebih gelap dapat membuat shading pada pipi dan memberi warna gradasi yang indah. Aplikasikan dengan membuat senyum pada wajah, ulaskan terlebih dahulu yang berwarna gelah dari arah telinga, lalu ulaskan yang berwarna terang di tulang pipi yang menonjol pada saat tersenyum, hindari mengulas dibawah tulang pipi, karena efek yang dihasilkan akan terlihat berbeda dan kurang cantik.


Binar bulu mata
Maskara merupakan elemen penting dalam memperindah bagian mata, dibutuhkan pengertian khusus dalam mengaplikasikan maskara agar terlihat bagus. Sebelum menggunakan maskara, lentikkan dahulu bulu mata dengan penjepit bulu mata, baru setelah itu, aplikasikan maskara dari pangkal bulu mata, dan dilanjutkan ke bagian ujung bulu mata. Dalam mengaplikasikan, dibutuhkan kecepatan yang harus dijaga, karena maskara mudah mengering saat terkena udara sehingga menggumpal saat diaplikasikan ke bulu mata. Bagi anda yang menyukai tampilan natural, penggunaan maskara berbulu kecil dan tipis lebih cocok, karena lentik yang dihasilkan tidak terlalu mencolok dan lebih natural.


Garis mata sempurna
Eyeliner mempunyai trik tersendiri tergantung dari bentuknya, eyeliner liquid lebih baik diaplikasikan dari luar garis mata ke dalam, sehingga ujung garis bertemu ditengah dan garis yang dihasilkan tidak menipis di ujung mata, berbeda dengan eyeliner padat, agar menempel dengan rata, celupkan terlebih dahulu kuas ke air baru ke eyeliner padat, pastikan kelopak anda besar dan lipatan kelopak tidak menyentuh eyeliner, karena eyeliner padat tidak tahan lama dan bisa menempel pada lipatan kelopak mata.

Untuk memaksimalkan dekorasi mata, gunakan pensil alis yang benar, pilih yang runcing dan aplikasikan secara perlahan, mengambang dan tidak dengan cara menekan, karena efek yang dihasilkan akan terlalu tebal. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pemilihan warna eyeshadow, bagi anda yang ingin terlihat segar dan bersinar, pilih warna yang cerah, alasi dengan menggunakan base eyeshadow sebagai dasar, baru aplikasikan eyeshadow aagr warnanya keluar.


Blow sempurna
Agar tatanan pada rambut tahan lama, ada beberapa hal yang harus dilakukan, keringkan rambut sehabis dicuci, ketika rambut dalam keaadaan setengah basah, berikan foam dan bentuk sesuai tatanan yang diinginkan, bila bentuk rambut yang diinginkan lurus, pada saat blow rambut harus dengan cara ditarik, sedangkan bila hasil yang diinginkan bergelombang, jangan ditarik. Setelah blow, catok ujung-ujung rambut agar tidak terlihat kering, dan terakhir, rol rambut dan tunggu beberapa saat untuk bentuk yang sempurna. Untuk memberi volume, sasak pada bagian pangkal rambut dan semprotkan hairspray. (f)