Travel
Theme Park Seru di Dunia

12 Jun 2015


Amazon Cartoon Network, Barangsay, Thailand


Berlokasi di pantai pesisir timur, Bang Saray Bay, Thailand,  merupakan wahana Cartoon Network bertema waterpark pertama di dunia. Dalam theme park yang resmi dibuka pada Oktober 20014 ini, Anda akan menemukan versi nyata berbagai karakter dan maskot andalan Cartoon Network, seperti Chowder, Ben 10, dan Powerpuff Girls, lewat permainan edukatif Cartoonival Zone.
    Saksikan juga Live Shows para stuntman yang mengenakan karakter Cartoon Network untuk disaksikan anak-anak. Selain untuk anak-anak, ada juga wahana permainan yang memacu adrenalin, seperti Humungaslide Water Coaster, yang akan membuat Anda meluncur supercepat. Yang juga tak kalah seru yakni wahana Omniverse Zone, sebuah rollercoaster air supercepat yang mampu meluncur dari menara setinggi 23,4 meter.    
    Transportasi menuju ke sini terbilang mudah. Dari Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Anda bisa menggunakan mobil atau taksi dengan lama perjalanan sekitar 3 jam 25 menit. Bila menempuh perjalanan dari Kota Pattaya menggunakan taksi, Anda hanya perlu waktu sekitar 20 menit.
    Harga tiket masuk mencapai 1.590 baht (Rp633.000) untuk orang dewasa, 1.190 baht (474.000) untuk anak usia 12 tahun ke bawah, dan tiket khusus Annual Pass seharga 6.000 baht (Rp2.389.000) yang menawarkan berbagai diskon spesial. Semua tiket bisa dibeli secara online di cartoonnetworkamazone.com.



Legoland Malaysia Resort, Johor, Malaysia

Ini merupakan theme park internasional perdana di Malaysia, sekaligus menjadi Legoland keenam di dunia, selain di Jerman, California, Florida, Dubai, dan Inggris.  Diresmikan sejak 15 September 2012, Legoland menggabungkan lebih dari 40 wahana interaktif, hiburan seru, atraksi menarik, water park, dan hotel, ke dalam satu paket.
    Theme park ini cocok untuk anak-anak usia 3-11 tahun. Di LEGO Technic, anak akan belajar menyusun lego menjadi bentuk tertentu, termasuk membuat robot dari lego. Di LEGO Kingdom, Anda sekeluarga bisa menemukan berbagai mitos dan misteri unik tentang kerajaan LEGO. Dan, bila ingin menguji adrenalin, bisa mencoba Technic Twister, wahana permainan berputar, atau Project X: Rollercoaster berisi 4 penumpang.
    Yang juga tak boleh Anda lewatkan, yakni Miniland, sebuah area khusus berisi aneka bangunan mini terkenal di seluruh dunia. Semua bangunan terbuat dari susunan lego. Anda pun bisa menghidupkan berbagai transportasi seperti kereta api dan pesawat terbang yang ada di  tiap bangunan, hanya dengan menekan satu tombol yang tersedia.   
    Terletak di Johor, Anda bisa mencapai kota ini melalui penerbangan via Kuala Lumpur atau Singapura, dengan total lama perjalanan sekitar 4 jam 50 menit. Antara Bandara Senai, Johor, dan Legoland memiliki jarak tempuh 37 km. Anda pun bisa menggunakan taksi maupun shuttle bus menuju ke Legoland.
    Harga tiket untuk orang dewasa di atas 11 tahun sebesar 166 ringgit (Rp600000) dan untuk anak-anak usia 3-11 tahun sebesar 132 ringgit (Rp478000). Tiket bisa dibeli secara online di legoland.com.my.






Sega Republic, Dubai

Meski sudah resmi dibuka sejak tahun 2009, masih banyak orang yang belum mengetahui indoor theme park ini. Padahal, taman hiburan yang terletak di roof top The Dubai Mall memiliki banyak wahana canggih, hasil kolaborasi dengan perusahaan game terkenal asal Jepang, SEGA.
    Berdiri di atas lahan seluas 7.100 meter persegi, Sega Republic memiliki 170 wahana permainan yang sarat dengan atmosfer game. Jangan sebut diri Anda penggemar games sejati jika belum pernah ke sini.
    Pertama, coba Robotnik. Wahana yang berbentuk kursi berjajar ini akan mengayunkan dan memutar Anda dengan kecepatan fantastis. Sebagai puncaknya, Anda akan diputar 360 derajat sebelum diterjunkan kemudian. Dapatkan pula sensasi kemegahan ‘fast and furious’ di arena Racer, dengan mengendarai bombom car yang telah dilengkapi lampu aneka warna.
    Yang juga layak dicoba yakni Sonic Hopper, sebuah free fall ride sensasional setinggi 9 meter, dengan karakter Sonic The Hedgehog, tokoh game laris di tahun ’90-an yang masih tetap digemari hingga sekarang. Di wahana ini, Sonic berdiri gagah di atas menara sambil memegang bendera SEGA, seolah menunjukkan eksistensinya yang tak pernah lekang oleh waktu.
    Menaiki wahana ini, Anda akan duduk berjajar dalam bentuk lingkaran. Lalu, Anda dan penumpang lain akan diguncang-guncang dulu, sebelum diterjunkan secara bebas dari ketinggian 30 kaki! Masing-masing wahana permainan dalam theme park ini memiliki ketentuan usia berbeda. Pastikan Anda mematuhi ketentuan dan aturan sebelum memutuskan naik salah satu wahananya.
     Dari Jakarta, Anda bisa menuju Dubai menggunakan maskapai Emirates, yang penerbangannya bisa langsung ke Dubai dengan lama perjalanan mencapai 8,5 jam. Dari Bandara Internasional Dubai menuju The Dubai Mall, bisa ditempuh menggunakan taksi dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Atau, bisa pula menggunakan metro dengan lama perjalanan 53 menit.
    Tersedia pilihan daily ticket: Power Pass seharga 175 AED (Rp616.000), Platinum Power Pass seharga 300 AED (Rp1.100.000), dan Family Pass dengan harga 600 AED (Rp2.112.500). Semua tiket bisa Anda pesan secara online di: segarepublic.com



Ferrari World, Abu Dhabi

Siapa yang tidak kenal Ferrari? Brand mobil sport mewah asal Italia ini telah menginspirasi munculnya beragam inovasi berkelas di luar dunia otomotif, termasuk melalui indoor theme park fenomenal: Ferrari World Abu Dhabi. Ini merupakan theme park Ferrari pertama di dunia, dan mulai dibuka sejak Oktober 2010. Berdiri di atas lahan seluas 200.000 meter persegi, theme park ini menyita perhatian masyarakat seluruh dunia lewat atap berwarna merah menyala dan berbentuk logo Ferrari.
    Bisa dibilang, ini menjadi surganya para pencinta dunia otomotif, mengingat ada 20 atraksi seru dengan tema Ferrari  di sini. Anda bisa merasakan langsung sensasi penuh gengsi mengendarai mobil sport Ferrari di Racing Academy. Dan, untuk penyuka uji nyali, wajib mencoba wahana rollercoaster tercepat di dunia yang mampu melaju dengan kecepatan 240 km per jam! Tak perlu khawatir bila Anda mengajak anak-anak, karena tersedia pula berbagai permainan untuk si kecil. Ajak buah hati Anda merasakan sensasi mengendarai mobil Ferrari di arena Junior GT maupun Junior Grand Prix.
    Dari Abu Dhabi International Airport, Anda bisa mengakses Ferrari World menggunakan taksi atau mobil dengan lama perjalanan 21 menit. Tiket masuk per orang mulai dari 250 AED (Rp885.000) hingga 350 AED (Rp1.239.700). Tiket bisa pula dibeli secara online di ferrariworldabudhabi.com.

Wizarding World of Harry Potter

Anda penggemar berat tokoh Harry Potter, baik versi film maupun bukunya, wajib mendatangi theme park ini. Resmi dibuka sejak 15 Juli 2014 lalu, Wizarding World of Harry Potter di Universal Studios, Osaka, Jepang, akan memuaskan hasrat Anda terhadap tokoh fenomenal buatan penulis JK Rowling itu. Semua imajinasi mengenai karakter  maupun scene yang Anda bayangkan, akan terwujud di sini.   
    Awali petualangan Anda menjelajahi Hogwarts Castle. Di sini, Anda bisa melihat suasana koridor Hogwarts sekaligus memasuki ruangan kepala sekolah, Albus Dumbledore. Anda juga berkesempatan memasuki ruang kelas Defence against the Dark Arts, Room of Requirement, dan ruangan Gryffindor.
    Lengkapi sensasi seru Flight of the Hippogriff yang akan membawa Anda melewati pondok Hagrid dalam coaster berbentuk anyaman Hippogrif, seekor kuda bersayap dengan kepala elang.
    Di Hogsmade, Anda bisa merasakan langsung kelezatan Butterbeer. Jangan lupa untuk membeli permen sihir terkenal di dunia seperti Bertie Bott’s Every-Flavour Beans dan Cokelat Kodok! Wahana inilah yang membuat Universal Studios Osaka menjadi sangat ramai, hingga nyaris mengalahkan popularitas Tokyo Disneyland.
    Warga di kawasan Asia patut bersyukur, karena ini merupakan wahana Harry Potter kedua milik Universal Studio, selain di Orlando, AS. Bahkan, di Universal Hollywood saja, The Wizarding World of Harry Potter baru akan diluncurkan secara resmi tahun  2016 mendatang.
    Untuk mencapai area ini, tersedia penerbangan langsung dari Jakarta ke Osaka, dengan lama perjalanan sekitar 7 jam. Dari bandara menuju Universal Studio, Anda bisa menggunakan kereta jalur cepat ataupun bus. Sedangkan dari Universal City Station, Anda hanya perlu 5 menit berjalan kaki untuk bisa mengakses lokasi Universal Studio. 
    Harga tiket daily per orang mencapai 7.200 yen (Rp778.000) untuk pengunjung yang berusia  di atas 12 tahun, 4.980 yen (Rp538.000) untuk anak usia 4-11 tahun, dan 5.991 yen (Rp647.200) untuk di atas 65 tahun.  Ada diskon khusus untuk pembelian 2 tiket sekaligus. Tiket bisa pula dibeli secara online di website usj.co.jp.


Mystic Point

    Wahana yang mulai dibuka sejak Mei 2013 lalu merupakan permainan bertemakan petualangan dan penjelajahan. Khusus untuk Anda atau si kecil yang menyukai petualangan maupun misteri, wahana ini wajib dicoba saat  Anda berkunjung ke Hong Kong Disneyland, yang resmi dibuka sejak September 2005, dan selalu menjadi taman wisata favorit di kawasan Asia.
    Anda akan mengelilingi rumah Lord Henry Mystic, karakter legendaris dalam Mystic Point, melalui kendaraan kecil bermuatan enam orang. Di sini, Anda akan menemukan berbagai koleksi artefak dan kotak musik ajaib. Dengan special effect multimedia berteknologi canggih, saat menyusuri  tiap ruangan di kediaman Lord Henry, Anda akan menemukan berbagai macam kejutan seru!
    Akses menuju Hong Kong Disneyland terbilang mudah. Dari bandara internasional Hong Kong, Anda bisa menggunakan taksi dengan lama perjalanan 12 menit. Sedangkan bila menggunakan bus, lama perjalanannya sekitar 1 jam.
    Tiket masuk per orang seharga 499 dolar Hong Kong  (Rp836.000) untuk pengunjung berusia 12-64 tahun, 355 dolar Hong Kong (Rp600.000) untuk pengunjung usia 2-11 tahun, dan 100 dolar Hong Kong (Rp167.000) untuk pengunjung berusia 65 tahun ke atas. Tiket bisa dibeli online di hongkongdisneyland.com.


Zumanjaro: Drop of Doom

Anda yang menyukai tantangan, hobi memacu adrenalin, dan berkesempatan berlibur ke AS, inilah tempat yang wajib dikunjungi. Six Flags, Great Adventure, Jackson, New Jersey, Amerika Serikat bisa dibilang tempat adu nyali yang sudah ada sejak tahun 1974. Satu wahana terbaru yang patut dicoba adalah Zumanjaro: Drop of Doom, yang diresmikan pertengahan 2014 lalu. Ini berupa drop tower yang didesain tepat di bawah rollercoaster tertinggi di dunia, Kingda Ka. Tower yang ketinggiannya mencapai 415 kaki atau 126,5 meter ini juga merupakan drop tower tertinggi di dunia.
    Di wahana ini, Anda akan duduk berjajar bersama 7 penumpang lain, lalu naik secara perlahan. Saat mencapai puncak tower, di sinilah adrenalin terpacu. Setelah didiamkan selama beberapa detik, Anda kemudian akan dijatuhkan dengan kecepatan 144,8 kilometer per jam!
    Soal keselamatan, Anda tak perlu khawatir. Sebab, arena permainan ini telah dilengkapi safety system berupa sabuk pengaman berteknologi tinggi yang membuat Anda tetap aman, meski diterjunkan bebas secara tiba-tiba. Wahana permainan ini cocok untuk orang dewasa di atas 12 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung.
    Six Flags berlokasi dekat dengan New York City (NYC). Dari NYC menuju New Jersey bisa ditempuh menggunakan mobil dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 40 menit, atau menggunakan kereta selama kurang lebih 2 jam 44 menit, dengan pemberhentian di beberapa stasiun.
    Tiket masuk Six Flags bisa dibeli secara online di sixflags.com. Tiket daily seharga 42,99 dolar AS (Rp557.000) bisa didiskon hingga 25% bila Anda membeli secara online. Sedangkan untuk tiket unlimited, harganya 74,99 dolar AS (Rp971.000).


New Attractions
Fast & Furious- Supercharged, Universal Studios, Hollywood
Simulator yang akan menyuguhkan pengalaman seru mengendarai mobil canggih, seperti yang ada di film Fast & Furious, dengan efek spesial 3D. Dibuka pada akhir tahun 2015.

Justice League: Battle for Metropolis, Sixflags Over Texas, AS
Game 3D yang melibatkan karakter animasi, sensor efek 4D, dan beberapa permainan berteknologi canggih lainnya. Dibuka pertengahan tahun 2015.

New Parks

Wanda City, China
Taman hiburan dengan rollercoaster andalan yang meluncur dari ketinggian 5.100 kaki dan megacoaster yang mampu meluncur dengan kecepatan 136 kilometer per jam. Mulai dibuka akhir tahun 2015.

Motion Gate Dubai

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai latar tempat seperti gedung, mobil, busana, yang pernah digunakan di beberapa film, mulai dari Hollywood hingga Bollywood. Akan dibuka pertengahan tahun 2016.

Trans Studio, Samarinda, Kalimantan Timur

Setelah Bandung dan Makassar, kini giliran Samarinda yang akan memiliki taman bermain indoor terbesar di Indonesia. Saat ini masih dalam tahap penyelesaian dan belum diumumkan kapan resmi dibuka. (Rizka Azizah)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?