Health & Diet
Teripang

14 Apr 2014


Menurut dr. Sisilia Indradjaja, MHM, herbalist dari O Clinic Jakarta, penelitian ilmiah terkini telah membuktikan bahwa produk-produk khas Cina ini memang bermanfaat.

Pernah dengar masakan haisom? Haisom tak lain adalah teripang, atau juga disebut timun laut. Tubuhnya kenyal, dan rasanya gurih sekali, seperti kikil, tetapi lebih padat dibandingkan rasa kikil.

Biasanya teripang dijual dalam bentuk kering dan harus direndam dan dibersihkan sebelum dimasak. Karena tubuh hewan ini lunak dan anggota tubuhnya hanya seperti guling kecil, tidak banyak yang harus dibersihkan. Tetapi, jika cara pengolahannya salah, masakan ini akan berbau amis.

Dalam pengobatan tradisional Cina, teripang berguna untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk kelelahan, impotensi, mengobati sakit ginjal,  melancarkan peredaran darah, meningkatkan kadar metabolisme, dan antiseptik luka.
 
“Teripang sangat baik dikonsumsi oleh wanita karena dipercaya dapat menambah ‘jing’ atau essensi. Secara medis, essensi dapat diartikan sebagai cairan tubuh, seperti cairan sendi, zat hormon, dan asam lemak,” ujar dr. Sisilia. Teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen yang tinggi.

Studi yang dilakukan di Cina telah menemukan bahwa teripang merupakan sumber kondroitin sulfat (komponen utama dari tulang rawan) dan  glycine (asam amino) yang baik untuk persendian. Sehingga, banyak praktisi merekomendasikan teripang untuk membantu mengobati penyakit arthritis  dan tendonitis.

DESIYUSMAN MENDROFA



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?