Food Review
Tergoda Kelembutan Tiramisu

21 Jul 2011

Di jalan elite HOS Cokroaminoto di area Menteng, terdapat sebuah deli cantik serba putih, bernama Ottimo Deli. Sesuai konsep sebuah deli, tersedia produk daging-dagingan, makanan beku, selai, dan bahan dapur lainnya di sini. Namun, justru terdengar kabar bahwa dessert-nya, terutama tiramisu, adalah jagoannya di sini.

Bryan Sulaiman, mengonfirmasi bahwa carrot cake di deli miliknya tersebut juga best seller.  Ia menyediakan koleksi dessert demi tekad menghadirkan obat kangen para tamu yang terbiasa mencicip dessert di luar negeri. Ia membuatnya sendiri di rumah, melayani permintaan Ottimo Deli dan beberapa resto lain yang memintanya menjadi supplier tiramisu.

Tiramisu buatan Bryan bertekstur sangat lembut. Sesendok krim lezat nan dingin ini menghantarkan rasa keju mascarpone kualitas baik, bercampur kopi. Sangat khas tiramisu. “Saya masih mengandalkan mascarpone impor dari Italia. Kopinya harus pekat espresso, seduhan dari kopi merek Illy,” jelas pria yang senang menemani tiramisunya dengan secangkir kopi ini.

Carrot cake sangat legit, mengingat wortel sudah memiliki cita rasa manis secara alami. Zaman dulu, carrot cake memang sengaja dibuat untuk menekan penggunaan gula pasir yang kala itu mahal. Untungnya, rasa manis ini diimbangi dengan icing rasa cream cheese di atasnya. Tak terasa kerasnya tekstur wortel karena proses pemanggangan telah melunakkan dan mematangkan sayur ini.

Hasil karya yang sangat baik, mengingat Bryan mempelajari semuanya secara autodidak. “Waktu kecil, saya hobi nempel dengan tante di dapur karena ia fanatik masak dessert. Khusus tiramisu, saya mempelajarinya berkat kesempatan tinggal bersama keluarga Italia di Amerika. Kultur masak dan makan bareng pada mereka mengilhami saya,” jelasnya lagi.
Ingin dessert lain? Boleh juga pesan dessert Asia semacam Japanese Cheesecake dan Mango Pudding. Untuk  yang khas Barat, masih ada Banana Nut Cake dan Panna Cotta. Ottimo Deli kabarnya akan dibuka di sebuah mal, mengkhususkan diri pada variasi tiramisu. 

Alamat: Rumah Cokro,  Jl. HOS Cokrominoto No. 42A, Jakarta Pusat. Telp: (021) 688466. Harga*): Rp 25.000 - Rp100.000. Jam buka: 09.00-20.00 WIB. Suasana: Deli mungil berinterior minimalis serba putih.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?