Money
Tergiur Cicilan Emas

22 Apr 2013

Baru-baru ini Anda ditawari kredit kepemilikan emas oleh sebuah bank. Sebetulnya, bagaimana untung-ruginya mencicil emas dibandingkan dengan membelinya secara tunai?

Menurut Ligwina Hananto, perencana keuangan independen, Emas logam mulia selalu menarik untuk menjadi salah satu pilihan investasi. Kelebihan utamanya adalah: barangnya selalu ada! Emas logam mulia ini likuid dan nilai tukarnya cenderung meningkat, biasanya sesuai inflasi. Cara terbaik berinvestasi emas adalah dengan mengumpulkan uang dan membelinya langsung di toko emas. Cara ini mudah dan jelas.
   
Sekarang ada berbagai skema pembelian emas logam mulia dengan cara mencicil, baik di bank ataupun tempat pegadaian. Jika Anda memang ingin mencicil, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu   bunga dan cicilan yang harus dibayarkan, serta biaya tambahan jika emas logam mulia ini ‘dititipkan’ saat masih dalam periode cicilan. Biaya titip ini bisa berupa biaya titip biasa, seperti sewa safe deposit box,  bisa juga seperti komisi sehingga dihitung dengan persen jumlah emas yang dititipkan.
          
Jadi, sebaiknya Anda waspada dan perhatikan skema ini. Mintalah pihak bank untuk membuatkan skenario jika harga emas naik dan turun. Dengan cara ini Anda bisa melihat seperti apa risikonya. Apakah Anda masih mampu membayar bunga, cicilan, dan biaya titip jika harga emas turun drastis? (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?