Health & Diet
Teman Diet Di Gadget

14 Jul 2014

Kini, gadget Anda bisa menjadi reminder untuk program diet yang sedang Anda lakukan. Berbagai aplikasi nutrisi dan diet yang kian marak ini dapat membantu Anda mengejar target berat tubuh ideal. Menghitung kebutuhan kalori untuk tubuh, termasuk lemak, protein, dan karbohidrat, juga mudah dilakukan dengan beberapa sentuhan saja ke layar gadget. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa Anda coba.

My FitnessPal

Apps  ini memiliki feature lengkap untuk mengetahui besar kalori yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang Anda konsumsi, sekaligus menghitung berapa kalori yang harus dikeluarkan lewat olahraga dalam sehari. Memulai apps ini, Anda harus terlebih dahulu mengisi berat dan tinggi tubuh, usia, olahraga yang dilakukan, serta target berat badan yang diharapkan. Data-data ini akan dipakai untuk mengakumulasi kalori yang Anda butuhkan. Selanjutnya,  tiap hari Anda cukup memasukkan makanan dan porsi yang Anda rencanakan. Ada 3 juta lebih makanan dari berbagai negara berikut kalorinya dalam database aplikasi ini, serta 350 jenis olahraga dari latihan beban, tenis, hingga latihan dengan wii fit. 
Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu kalori suatu makanan, dengan menggunakan barcode scanner. Cara ini bisa dilakukan untuk jenis makanan kemasan yang memang telah dilengkapi dengan barcode nutrition. Atau Anda juga bisa memasukkan keterangan ini secara manual.
Layaknya teman, MyFitnessPal akan menjadi motivator. Anda juga bisa terhubung dengan sesama pengguna apps untuk sharing food diary dan saling memberi semangat.
   
Lose It!
Bagi pemula, Lose it! membantu Anda mengatur kalori per hari dalam mencapai target diet. Pertama kali menggunakan apps ini, Anda diminta untuk menentukan target berat badan yang ingin Anda capai. Dengan demikian, Anda akan mengetahui berapa berat badan yang harus Anda hilangkan. Barulah kemudian Lose It! akan membuat project target yang harus Anda capai  tiap minggu untuk mencapai berat ideal tersebut.
Menurunkan berat tubuh memang sebaiknya dilakukan dengan pola makan yang sehat. Itulah sebabnya, Lose It! menetapkan maksimum hanya 1 kg per minggu bagi seseorang untuk menurunkan berat badannya. Ini merupakan penurunan berat badan yang wajar dan tidak membahayakan untuk tubuh.
    Tiap hari, apps ini akan memantau asupan kalori Anda. Apakah sudah sesuai dengan target kalori per hari atau justru kelebihan. Caranya, Anda harus memasukkan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Lose It! akan mengakumulasi semua itu dan menunjukkan berapa besar  kalori yang sudah Anda gunakan. Aplikasi ini juga akan menjadi pengingat jika ternyata Anda terlalu ketat melakukan diet sehingga tubuh kekurangan gizi. Nantinya, Lose It! akan merangkum pola makan Anda dalam sehari yang disebut Feature My Day.
Meski agak lamban, aplikasi ini masih bisa menghitung kalori jenis makanan yang tidak ada di dalam database mereka. Lose It! versi berbayar menyediakan lebih banyak informasi yang menunjang kesehatan diet Anda, mulai dari mengukur lemak, tingkat hidrasi, hingga pola tidur.  

Calorie Counter PRO
Seperti aplikasi diet lainnya, Calorie Counter PRO membantu penggunanya untuk menghitung berapa besar kalori yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi berat badan atau sekadar untuk menjaga bentuk tubuh ideal. Yang membuat apps ini berbeda adalah analisis harian yang memberikan penggunanya tip dan saran berdasarkan pola makan dalam satu hari. Misalnya, Anda makan siang dengan porsi yang lebih sedikit dari seharusnya, maka Calorie Counter Pro akan mengingatkan Anda. Jadi, meski dalam program diet, Anda bisa melakukannya dengan cara yang sehat.
    Analisis harian ini ditampilkan dalam bentuk diagram yang unik dengan detail lengkap, mulai dari kalori, lemak, karbohidrat, protein, hingga kolesterol. Ada pula tambahan informasi seputar vitamin dan mineral yang dikonsumsi tubuh. Semua itu bisa didapatkan dengan cara yang mudah dilakukan dan dipahami. Anda pun bisa membawa laporan pola makan harian ini untuk ditunjukkan pada ahli gizi untuk mendapatkan panduan lengkap untuk diet yang sehat.   
Apps ini juga bisa membandingkan antara satu jenis makanan dengan makanan lainnya secara bersamaan. Ini tentu membantu Anda ketika memilih makanan mana yang lebih tepat dikonsumsi, misalnya memilih kentang daripada nasi. Selain mengetahui asupan kalori ke dalam tubuh, apps ini juga memiliki informasi yang cukup banyak tentang berbagai pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mencapai target kalori yang ingin dibakar.

Tap & Track
Makanan Indonesia mungkin tak semuanya tercatat dalam database aplikasi diet. Tapi, tak perlu khawatir, apps ini  memungkinkan Anda menyimpan dan ‘mengukur’ resep favorit sendiri. Cukup masukkan resep dan Tap&Track akan mengukur kalorinya untuk Anda, termasuk menghitung lemak, protein, karbohidrat, gula, serat, kolesterol, dan lain sebagainya. Tiap makanan yang Anda masukkan akan disimpan dalam daftar makanan favorit, dan bisa Anda gunakan kembali di lain waktu. Hasilnya pun akurat. 
    Apps ini menggunakan basal metabolic rate (BMR) Anda sebagai patokan untuk menghitung kalori yang Anda perlukan.  BMR ini sangat ditentukan oleh jenis kelamin, usia, berat, tinggi badan, dan aktivitas Anda. Dengan mengetahui BMR, jumlah kalori akan disesuaikan untuk mencegah kalori berlebih atau bahkan tubuh kekurangan kalori karena diet yang terlalu ketat. Yang menarik, Anda bisa memantau dalam sehari, sekaligus melihat kecenderungan yang akan terjadi jika Anda melakukan pola makan itu dalam seminggu.
    Meski termasuk yang paling mahal di kelasnya, apps ini menjadi favorit di iTunes App Store. Selain mudah digunakan, apps ini juga tidak membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan programnya. Kelebihan lainnya, Tap&Track bisa digunakan oleh beberapa orang dalam satu aplikasinya. Selain itu, apps ini juga menyediakan 180 macam  aktivitas olahraga, termasuk pekerjaan sehari-hari seperti membersihkan rumah.

Calorie Counter by FatSecret

Apps ini tak sekadar menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh. Lebih dari itu, apps ini menyediakan berbagai resep makanan sehat yang direkomendasikan FatSecret. Hal ini tentu saja penting, karena menemukan makanan sehat yang dijual bebas tidak mudah, apalagi yang sesuai untuk menurunkan berat badan.
Tak dipungkiri, salah satu cara paling aman untuk menjaga agar asupan kalori tetap terkontrol adalah dengan membuat sendiri makanan yang dikonsumsi. Dengan memiliki akses pada berbagai resep makanan sehat, acara membuat makanan diet jadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, kandungan kalori dari resep makanan yang disajikan sudah pasti akurat dan sesuai kebutuhan tubuh.
    Seberapa besar kalori itu terpakai, Calorie Counter by FatSecret akan menghitungnya, tak hanya dari aktivitas dan olahraga yang Anda lakukan, bahkan juga saat Anda tidur. Cukup masukkan berapa jam waktu tidur atau kegiatan relaksasi lainnya yang Anda lakukan sepanjang hari, aplikasi ini akan menganalisisnya secara akurat.   


Coba Juga yang Ini!
Pepperplate > Cari resep makanan diet di internet, lalu buat menu kesukaan Anda. Selanjutnya, rencanakan jadwal belanja serta daftar  makanan apa saja yang harus Anda beli. Semua itu bisa disimpan dalam satu aplikasi mudah ini.
eaTipster > Ibarat kliping, aplikasi ini memiliki informasi lengkap seputar nutrisi dan makanan sehat, mulai dari tip hingga tanya jawab tentang masalah seputar topik ini. 
GluCoMo > Bagi para penderita diabetes yang sedang berdiet, aplikasi ini dapat memonitor kadar gula darah, konsumsi makanan, kadar insulin, hingga berbagai hal lainnya yang terkait dengan diabetes.
Eat Slower > Apps ini berguna bagi Anda yang memiliki pola makan cepat. Set waktu di aplikasi ini antara 30 detik hingga 1 menit, lalu mulailah mengunyah makanan Anda. Telan makanan Anda saat bel waktu berbunyi, baru lanjutkan untuk mengunyah makanan kembali. Dengan cara ini Anda akan makan lebih lambat, menikmati makanan, memberikan kepuasan lebih, dan pada akhirnya akan mengurangi porsi makanan.  (Faunda Liswijayanti)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?