Celebrity
Taylor Swift: Peduli Minat Baca

28 Sep 2012

Di usianya yang masih belia, penyanyi country pop bernama lengkap Taylor Alison Swift ini sudah menuai banyak prestasi. Lagu yang ia keluarkan hampir selalu menjadi hits, seperti You Belong With Me, Love Story, dan masih banyak lagi. Tak heran jika Forbes mencatatnya sebagai selebritas paling berkuasa ketujuh dengan pendapatan sebesar 45 juta dolar AS (2011).

Kesuksesannya itu berjalan beriringan dengan aksi sosialnya. Ia tak segan menyumbangkan sebagian pendapatannya untuk berbagai kegiatan kemanusiaan. Tahun lalu, wanita yang berakting dalam film Valentine’s Day itu menyumbangkan uang pribadinya sebesar 4 juta dolar AS kepada Country Music Hall of Fame and Museum. Tujuannya, untuk membantu pembangunan gedung pameran serta ruang belajar yang didedikasikan untuk anak-anak kurang mampu.

Sebelumnya, tahun 2010, ia juga menyumbangkan 75.000 dolar AS untuk perbaikan Museum Nashville di Tennessee yang sudah berusia puluhan tahun agar memiliki teater konser baru dan taman musik. Taylor memang sangat peduli pada dunia musik yang telah membesarkan namanya.

“Karier musik menempatkan saya dalam posisi di mana saya bisa membantu orang lain dan saya senang melakukannya,” ungkap Taylor, mengenai berbagai aksi filantropinya. Taylor juga menjelaskan bahwa ayahnya adalah orang terdekat yang selalu mengingatkan dan mendukungnya untuk melakukan kegiatan sosial, termasuk di bidang pendidikan.

Oktober 2011, wanita yang berhasil meraih predikat Entertainer of The Year dalam  Country Music Association Awards (2011) itu menyumbangkan 6.000 buku kepada perpustakaan lokal di Pennsylvania. Ia prihatin dengan kondisi ekonomi dan buruknya fasilitas pendidikan di kota kelahirannya itu. Browne Gamble, asisten direktur perpustakaan Pennsylvania, mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Taylor membuat kegiatan membaca menjadi lebih keren.

Jauh sebelum itu, wanita yang pernah dikabarkan menjalin hubungan dengan John Mayer itu sudah aktif memberi bantuan dalam bidang pendidikan. Tahun 2009, ia menyumbangkan 250.000 dolar AS ke berbagai sekolah untuk membeli buku, mendanai program pendidikan, serta membantu membayar gaji guru. Ia juga mengambil bagian dalam berbagai program yang diadakan untuk meningkatkan minat baca anak-anak, seperti live webcast Read Now! with Taylor Swift yang diadakan tahun  2010 serta kampanye National Education Association’s Read Across America yang diadakan tahun ini.

Ia pun giat mengumpulkan dana untuk korban bencana. Tahun lalu, sebelum memulai turnya yang bertajuk Speak Now, Taylor mengadakan geladi resik yang bertujuan mengumpulkan dana bagi korban tornado di wilayah tenggara Amerika Serikat. Lewat acara itu ia berhasil mengumpulkan dana lebih dari 750.000 dolar AS.

Atas berbagai upaya filantropi yang ia lakukan, Taylor mendapatkan penghargaan sebagai The Big Help Award 2012 yang diberikan langsung oleh ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama, dalam Nickelodeon’s Kid’s Choice Awards ke-25.

Pada bulan Juli lalu, Robert F. Kennedy Center juga menganugerahi Taylor penghargaan Ripple of Hope Award. “Sebagai anak muda, Taylor telah melakukan banyak hal. Ia membantu membangun dunia yang lebih baik bagi kita semua,” tutur Kerry Kennedy, presiden Robert F. Kennedy Center. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?